Implementasi Business Model Canvas Sebagai Strategi Dalam Pengembangan Coffee Shop (Studi Kasus Pada Ruang Kopi Bogor)

Risa Ayu Kusumawati, Oktori Kiswati Zaini, Kiki Oktora, Towaf Totok Irawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi analisis lingkungan eksternal dan analisis lingkungan internal di Ruang Kopi serta untuk mengembangkan bisnis Ruang Kopi dengan menggunakan Business Model Canvas. Metode analisis yang digunakan yaitu metode analisis deskriptif. Jenis data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah matriks EFE, matriks IFE, Business Model Canvas (BMC). Hasil analisis strategi pemasaran Ruang Kopi berdasarkan hasil analisis EFE diperoleh faktor peluang dengan nilai tertinggi adalah meningkatnya tren ngopi dan penikmat kopi dimasyarakat sebesar 0.36. Sedangkan pada faktor ancaman yang paling tinggi adalah banyaknya pesaing dengan jenis usaha yang sama sebesar 0.36. Berdasarakan matriks IFE diperoleh faktor kekuatan tertinggi adalah rasa dan kualitas kopi bermutu di tambah ketersediaan fasilitas lengkap dengan nilai sebesar 0.44 sedangkan dari skor pada faktor kelemahan tertinggi adalah sistem marketing yang dilakukan belum maksimal, keterbatasan kreatifitas dan inovasi, tidak adanya evaluasi untuk perubahan perusahaan dan tidak adanya variasi ukuran produk dengan nilai sebesar 0.03. Berdasarkan analisis internal pada BMC dilakukan pada 5 blok, yaitu: key resources, key activities, value propositions, dan revenue streams. Sedangkan analisis eksternal pada BMC dilakukan pada 4 blok, yaitu: key partnership, customer segments, channels, dan customer relationship, setelah mengidentifikasi Business Model Canvas, maka akan dilakukan analis STP, analisa 7P, analisa lingkungan, Porter Five Forces Model, matriks EFE dan matriks IFE secara umum hasilnya menunjukan bahwa Ruang Kopi sudah baik. Selanjutnya dari identifikasi dengan analisis BMC yang baru terdapat beberapa gambaran strategi model business canvas yang baru. Salah satu yang paling krusial dan penting dilakukan adalah memaksimalkan marketing online dengan sistem bisnis collaboration.


Full Text:

PDF

References


AEKI] Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia. (2016). Konsumsi kopi domestik. [internet]. [diunduh 2020 mei 1]. Statistika perkebunan Indonesia komoditas kopi 2015-2017. Kementerian Pertanian. Jakarta

Abdullah, Ridwan. (2015). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Assauri, S. (2016). Strategic Management Sustainable Competitive Advantages Ed.2. Jakarta : Pt Raja Grafindo Persada

___________. (2017). Manajemen Pemasaran. (Edisi ke-1). Jakarta: Penerbit Raja Grafindo (Rajawali Press).

David, Fred R dan David, Forest R. (2015). Manajemen Strategik. Edisi Kelima Belas. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

___________. (2017). Manajemen Strategik. Edisi Kelima Belas. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Kotler and Amstrong. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Jakarta, Penerbit Erlangga

________. (2016). Manajemen Strategis: Konsep, Edisi Duabelas. Terjemahan oleh Dono Sunardi, Jakarta: Salemba Empat.

Kotler P, Keller Kl. (2018), Manajemen Pemasaran (Edisi ke – 12 jilid 1 terjemahan). Jakarta (ID) : Erlangga. (gaya hidup)

Osterwalder. A dan Pigneur. Y. (2010). Business Model Generation : A Handbook for Visionaries, Game Changers dan Challangers. New Jersey : John Wiley dan Sons, Inc.

.

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. (Edisi ke-1). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 3. Andi: Yogyakarta.

Website :

https://bapenda.kotabogor.go.id (diakses pada April 2020)

https://bogorkota.bps.go.id (diakses pada Desember 2020)

https://lokadata.beritagar.id (diakses pada Januari 2021)

https://food.detik.com(diakses pada Januari 2021)

https://kompas.com(diakses pada November 2021)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.