Analisis Perilaku Konsumen Pada Transaksi Berbasis E-commerce (Studi Kasus Pada Warga Kelurahan Pakansari Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor)

Ceny Fitriani, Oktori Kiswati Zain, Hasrul Hasrul, Fitra Syafaat

Abstract


Perkembangan jual-beli secara e-commerce atau online ini didukung oleh pola pikir masyarakat yang cenderung praktis karena terbatasnya waktu. Hal ini  tidak terlepas dari pergeseran perilaku masyarakat yang semakin terbiasa dengan teknologi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab perilaku konsumen sekaligus untuk mengetahui bentuk perilaku konsumen tersebut dalam penggunaan transaksi berbasis e-commerce.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif eksplanatory. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan kualitatif dengan metode penarikan sampel yang digunakan yaitu accidental sampling. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Deskriptif dan Tabulasi dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 23.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku konsumen yang terdiri dari faktor budaya,sosial,pribadi dan psikologis disetujui oleh responden sebagai penyebab mereka menggunakan transaksi belanja e-commerce. namun penelitian ini juga menemukan hasil bahwa Warga Kelurahan Pakansari Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor terbukti menyukai Transaksi belanja berbasis e-commerce sehingga menjadi kebiasaan yang menimbulkan sikap konsumtif namun ketidak percayaan warga pada penjual e-commerce masih cukup tinggi sebesar 82%.


Full Text:

PDF

References


Anang Firmansyah M. (2019). “Perilaku Konsumen (sikap dan pemasaran)”. Yogyakarta. CV Budi Utama.

Andi,Wibowo, Radna. (2019) . Manajemen Pemasaran. Radna Andi Wibowo.

Antara News. (2020). Lima Perilaku Konsumen Saat belanja “online”.

Astuti Miguna dan Agni Rizkia Amanda. (2020). Pengantar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta. CV Budi Utama.

Chrisna Yosefa Setya Ardi, (2016) “Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi motif belanja secara online (studi kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta)”.

Databoks. Bank Indonesia (BI). (2020). Nilai transaksi e-commerce di Indonesia.

We Are Social. (2021). pengguna e-commerce di Indonesia.

Ela Nurlaela, Oktori Kiswati Z dan Sri Pudjawanti, (2019) “Analisis penggunaan celebrity endorser terhadap minat beli konsumen pada pengguna media sosial instagram di lingkungan Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan Bogor”

Firmansah,Anang. (2018). “perilaku konsmen (sikap dan pemasaran)”. Yogyakarta:DEEPUBLISH.

Firmansyah, Anang. (2019). “pemasaran (dasar dan konsep)”. Qiara media.

Harian Kontan. (2019). Pasar E-Commerce yang menjanjikan.

Iwan Sidharta, Boy Suzanto, (2015) ”Pengaruh kepuasan transaksi belanja online dan kepercayaan konsumen terhadap sikap serta perilaku konsumen pada E-commerce”

Kecamatan Cibinong. Kelurahan Pakansari. (2019). Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Kelurahan Pakansari.

Kompas Pedia. APJII. (2021). Pengguna Internet di Indonesia.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2015. Marketing Management. 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc

ML Endang Edi Rahaju,Indiyanti dan Mintarti Indartini, (2017) “Analisis terhadap perilaku konsumen dalam berbelanja secara online online di Kota Madya Madiun”.

Miauw,K. Y. H. (2016) . “Motivasi Konsumen dan Sikap Konsumen terhadap keputusan pembelian. Jurnal managemen dan start-up bisnis.

Nurmadina, (2016) . “Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian secara online (studi kasus pada konsumen fashion online di Kota Makassar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.