PENGARUH KELOMPOK ACUAN DAN PENGETAHUAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BTS MEAL DI MCDONALD’S INDONESIA (Studi Pada Penggemar BTS atau Army Kota Bogor)

Putri Juliyanti, Ferdisar Adrian S, Nizam Mohammad Andrianto

Abstract


BTS Meal merupakan produk hasil dari kolaborasi McDonald’s dengan boyband asal Korea Selatan yaitu
Bangtan Sonyeondan atau BTS. BTS Meal tersedia diberbagai negara, salah satunya di Indonesia. ARMY
merupakan target pasar utama dalam produk BTS Meal, ARMY yang selalu berinteraksi dan bertukar informasi
mengenai BTS, dengan hadirnya BTS Meal membuat ARMY mencari berbagai informasi mengenai produk
tersebut bahkan sebelum perilisannya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kelompok acuan dalam
keputusan pembelian produk BTS Meal, menjelaskan pengetahuan konsumen dalam keputusan pembelian
produk BTS Meal, serta untuk menguji pengaruh kelompok acuan dan pengetahuan konsumen terhadap
keputusan pembelian produk BTS Meal.
Penelitian ini merupakan penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif, serta memiliki
kriteria responden yaitu penggemar BTS atau ARMY di Kota Bogor yang sudah membeli produk BTS Meal.
Penarikan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling. Karena
jumlah populasi tidak diketahui, maka untuk jumlah sampel menggunakan rumus lemeshow, dan diperoleh
responden sebanyak 97 orang. Pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner dan studi pustaka, serta
metode analisis menggunakan SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan pengujian parsial (uji t) antara variabel kelompok acuan terhadap
keputusan pembelian menunjukkan nilai t hitung sebesar 2,656 > t tabel 1,660. Maka dapat disimpulkan bahwa
Kelompok Acuan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Keputusan Pembelian produk BTS Meal,
dengan keterangan Ha 1 diterima. Kemudian pengujian parsial (uji t) antara variabel pengetahuan konsumen
terhadap keputusan pembelian menunjukkan nilai t hitung sebesar 6,820 > t tabel 1,660. Maka dapat disimpulkan
bahwa Pengetahuan Konsumen berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Keputusan Pembelian produk
BTS Meal, dengan keterangan Ha 2 diterima. Serta hasil uji simultan (uji f) diperoleh hasil pengujian menyatakan
Ha 3 diterima yang ditunjukkan dengan besarnya nilai F hitung 41,374. Nilai ini lebih besar dari F tabel (41,374 > 3,09).
Maka dapat disimpulkan kelompok acuan dan pengetahuan konsumen berpengaruh secara simultan terhadap
keputusan pembelian produk BTS Meal.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.