ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN JASA TRANSPORTASI GOJEK BIKE (Studi Kasus Pada Warga Kelurahan Ciparigi Bogor Utara)

Dika Wahyu Prasetya, Oktori Kiswati Zaini, Erik Irawan Suganda, Hari Suryanto

Abstract


Semakin banyaknya transportasi ojek online berdampak pada semakin ketatnya persaingan
sehingga semakin banyaknya alternatif pilihan jasa ojek online. Hal ini menjadikan konsumen semakin
selektif. Konsumen akan memilih salah satu diantara pilihan alternatif yang menurutnya sesuai dengan
yang diinginkan. Mengantisipasi keadaan tersebut maka perusahaan ojek online harus bisa menciptakan
kualitas layanan yang sesuai agar dapat menciptakan Kepuasan pelanggan.
Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskritif eksploratif merupakan suatu
metode penelitian yang menggambarkan karakteristik populasi atau fenomena yang sedang diteliti.
Pada penelitian ini, peneliti menggunakan analisis deskriptif atas variabel independen dan dependen
yang selanjutnya akan dikelompokan berdasarkan jawaban yang sama, kemudian hasil akan disajikan
dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan dicari total tanggapan responden.
Hal ini menunjukan bahwa Kepuasan pelanggan terhadap jasa transportasi online Gojek cukup
baik. indikator Jaminan (Assurance) mendapatkan nilai rata–rata tertinggi sebesar 85,6%. Hal ini
menunjukan bahwa pelanggan gojek bike memutuskan untuk menggunakan layanan Gojek tersebut
karena jaminan yang diberikan Gojek cukup baik. indikator bukti fisik, dikatakan demikian karena hal ini
sejalan dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa responden memilih karena Fasilitas lengkap
seperti: tersedianya masker, helm, dan motor yang sehat dengan hasil sebesar 87,2.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.