ANALISIS STRATEGI DIGITAL MARKETING DENGAN METODE SOSTAC PADA SEPATU POLLENZO

Khayrani Khayrani, Ferdisar Adrian, Hasrul Hasrul

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pemasaran dan strategi digital marketing yang
digunakan oleh Pollenzo untuk meningkatkan penjualannya disaat pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan
wawancara, observasi dan studi pustaka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SOSTAC.
Metode SOSTAC merupakan suatu metode perencanaan pemasaran agar lebih efektif dalam
mengimplementasikan digital marketing pada perusahaan. Pandemi Covid-19 memberikan dampak disegala
aspek kehidupan salah satunya sektor ekonomi. Industri alas kaki menjadi salah satu yang terkena dampak
pandemi Covid-19. Penjualan alas kaki di dalam negeri tercatat turun hingga 70%. Namun ternyata masih ada
pengusaha sepatu yang mengalami peningkatan penjualan disaat pandemi Covid-19 yaitu Pollenzo produk
sepatu wanita yang berlokasi di Ciomas, Bogor.
Hasil penelitian ini adalah penerapan strategi digital marketing yang dilakukan Pollenzo untuk meningkatkan
penjualannya di masa pandemi Covid-19 yaitu dengan memberikan gratis ongkir, voucher toko, flash sale, iklan
berbayar, diskon perayaan ulang tahun Pollenzo, give away, live streaming dan mengikuti program ekspor
shopee.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.