HUBUNGAN PROGRAM KOMPENSASI DENGAN KOMITMEN ORGANISASIONAL KARYAWAN DI THE JUNGLE WATERPARK

Zahra Shafiyyah Krisna

Abstract


Zahra Shafiyyah Krisna. 021112001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Hubungan Program Kompensasi dengan Komitmen Organisasional Karyawan di The Jungle Waterpark. Di bawah bimbingan Dr. Hari Muharam, SE., M.Si dan Nancy Yusnita, SE., MM.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan program kompensasi dengan komitmen organisasional karyawan di The Jungle Waterpark yang bertempat di area Perumahan Bogor Nirwana Residence (BNR) Jl. Dreded, Pahlawan Kotamadya Bogor Selatan.
Penelitian ini menggunakan data primer, dengan metode survei dan kuesioner yang disebarkan kepada 109 responden yaitu karyawan di The Jungle Waterpark. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi Product Moment, analisis Koefisien Determinasi, dan uji hipotesis korelasi.
Hasil analisis korelasi Product Moment diperoleh r = 0,620. Artinya, hubungan (korelasi) antara program kompensasi dengan komitmen organisasional karyawan di The Jungle Waterpark memiliki tingkat hubungan yang kuat.
Hasil analisis Koefisien Determinasi di peroleh KD = 38,44%. Hasil dari analisis tersebut menunjukkan bahwa kontribusi variabel program kompensasi terhadap variabel komitmen organisasional sebesar 38,44%. Sedangkan sisanya sebesar 61,56% dipengaruhi oleh faktor lain di luar program kompensasi. Hasil uji hipotesis korelasi diperoleh > (8,173 > 1,982) artinya tolak Ho terima Ha. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan nyata antara program kompensasi (x) terhadap komitmen organisasional (y) karyawan di The Jungle Waterpark.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.