Hubungan Gaya Kepemimpinan Transformasional Dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada PT. Ekspress Media (Radar Bogor)

MARGARETHA YANA SELLYCIA

Abstract


MARGARETHA YANA SELLYCIA, 0211 12 090, Manajemen, Manajemen Sumber Daya Manusia, Hubungan Gaya Kepemimpinan Transformasional dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB), Ketua komisi pembimbing Dr. HARI MUHARAM, SE., MM dan Anggota komisi pembimbing NANCY YUSNITA, SE., MM, 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya kepemimpinan transformasional dengan organizational citizenship behavior (ocb) pada PT. Ekpres Media (Radar Bogor) yang beralamat di Jl. KH. R. Abdullah Bin Muhammad Nuh. No. 30, Taman Yasmin, Kota Bogor, Jawa Barat. 16113.
Penelitian ini menggunakan data primer, dengan menggunakan metode survei dan kuesioner yang disebarkan kepada 70 responden yaitu karyawan pada PT. Ekpres Media (Radar Bogor). Metode analisis data yang digunakan adalah analisis koefisien korelasi product moment, analisis koefisien determinasi, persamaan regresi linier sederhana, dan uji hipotesis koefisien korelasi.
Hasil analisis korelasi product moment diperoleh r = 0,656. Artinya, hubungan (korelasi) antara gaya kepemimpinan transformasional dengan organizational citizenship behavior (ocb) pada PT. Ekspres Media (Radar Bogor) memiliki tingkat hubungan yang kuat.
Hasil analisis koefisien determinasi diperoleh KD = 43,03%. Hasil dari analisis tersebut menunjukkan bahwa kontribusi variabel gaya kepemimpinan transformasional terhadap variabel organizational citizenship behavior (ocb) sebesar 43,03%. Sedangkan sisanya sebesar 56,97% dipengaruhi oleh faktor lain diluar gaya kepemimpinan transformasional.
Hasil uji hipotesis korelasi diperoleh ????ℎ???????????????????? >???????????????????????? (7,167 > 1,995) artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan nyata antara gaya kepemimpinan transformasional (x) dengan organizational citizenship behavior (ocb) (y) pada PT. Ekpres Media (Radar Bogor).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.