PENGARUH MAKRO EKONOMI DAN MIKRO PERUSAHAAN TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN SUB SEKTOR OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2015

Muhammad Paizal, Hendro Sasongko, Patar Simamora

Abstract


Muhammad Paizal. 021113060. Pengaruh Makro Ekonomi dan Mikro Perusahaan Terhadap Harga Saham Perusahaan Sub Sektor Otomotif yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015. Dibawah bimbingan Hendro Sasongko. Patar Simamora. 2017. Pergerakan harga saham tidak dipengaruhi oleh harga masa lalu, tetapi oleh faktor makro dan mikro yang tidak dapat diprediksi atau dapat juga dikatakan bahwa harga saham dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal perusahaan. Faktor eksternal adalah makro ekonomi sedangkan faktor internal berasal dari mikro ekonomi. Penelitian ini dilakukan karena terdapat perbedaan dimana data yang tidak sejalan dengan teori. Penelitian ini mengenai pengaruh Makro Ekonomi (Inflasi, Nilai Tukar) dan Mikro Perusahaan (Return On Equity, Debt to Equity Ratio, Earning Per Share) terhadap Harga Saham Perusahaan Sub Sektor Otomotif yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan menggunakan data kuantitatif, metode penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian verifikatif dengan metode Explanatory Survey. Metode analisis yang digunakan dengan menggunakan alat analisis yaitu regresi linier berganda, uji t, uji F, dan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokolerasi dengan menggunakan Eviews 8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inflasi secara parsial tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap harga saham. Nilai Tukar secara parsial tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap harga saham. Return On Equity secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham. Debt to Equity Ratio secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham. Earning Per Share secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham. Faktor Makro Ekonomi (Inflasi, Nilai Tukar) Mikro Perusahaan (Return On Equity, Debt to Equity Rato, Earning Per Share) secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga saham pada perusahaan Otomotif di Bursa Efek Indonesia. Sumbangan pengaruh variabel independen (Inflasi, Nilai Tukar, ROE, DER dan EPS) terhadap varaibel dependen (Harga Saham) adalah sebesar 0,3151 atau 31,51%, sedangkan sisanya sebesar 68,49% dipengaruhi oleh variabel independen lain.
Manajemen perusahaan harus tetap mengendalikan kondisi perusahaan dalam keadaan makro ekonomi yang kurang baik serta terus memperbaiki kinerja perusahaan. Selain itu, investor juga harus terus menganalisa faktor-faktor mikro ekonomi lain yang mempengaruhi harga saham selain dari variabel-variabel tersebut.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.