PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA ONLINE SHOP ANEKA KEMEJA PRIA BEKASI
Abstract
Perkembangan dunia usaha saat ini semakin beragam dan kompetitif, laju perkembangan sangat sulit diprediksi, sehingga memiliki strategi yang tepat adalah kunci bagi suatu perusahaan agar dapat terus bersaing dan bertahan. Seiring dengan kemajuan teknologi dan perkembangannya saran komunikasi, perusahaan memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut sebagai alat strategi pemasaran untuk mempromosikan produknya. Mengingat Pertumbuhan transaksi jual beli dalam jaringan atau online di Indonesia pada saat ini sangat pesat, dengan hal ini dimanfatkan oleh perusahaan untuk memasarkan dan mempromosikan melalui internet. Aneka kemeja pria bekasi dalam mempromosikan produknya melalui media social di internet dengan teknik search engine optimization. Jika biaya ecommerce mengalami peningkatan maka volume penjualan akan meningkat, namun faktanya terjadi penurunan volume penjualan pada Aneka Kemeja Pria Bekasi. Tujuan penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah : Untuk mengetahui pengaruh ecommerce terhadap volume penjualan pada Aneka Kemeja Pria Bekasi. Penelitian ini berlokasi di Jl. Narogong, Bantar Gebang, Bekasi 17151. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode study kasus. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif, data tersebut berasal dari sumber yang bersifat primer dan sekunder. Metode Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, regresi linier berganda dan uji hipotesis, dengan terlebih dahulu melakukan uji asumsi klasik, dengan menggunakan software SPSS versi 20.00. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa rata-rata biaya e-commerce yang dikeluarkan Aneka Kemeja Pria Bekasi sebesar sebesar Rp 435.417 pertriwulanya dan rata-rata pengunjung website sebesar 13.918 pengunjung pertriwulanya sedangkan rata-rata volume penjualan sebesar Rp 600.734 pertriwulannya dengan rata-rata kenaikan volume penjualan sebesar 0,055 kali pertriwulanya. Dari SPSS didapatkan persamaan regresi linier berganda Y = -16505282,981 + 0,441 Be + 5488.461 Pw Kostanta(a) bernilai negatif sebesar -16505282.981, Artinya jika nilai Biaya E-Commerce (Be) dan Pengunjung Website (Pw) = 0, maka nilai Volume Penjualan kemeja (penjualan dalam rupiah) sebesar Rp -16.505.282,981. = 0,441. Menunjukan nilai koefisien regresi positif artinya jika Pengunjung Website (Pw) konstan, maka setiap kenaikan biaya e-commerce sebesar Rp 1 akan terjadi peningktan terhadap volume penjualan sebesar Rp 0,441. = 5488,461. Menunjukan nilai koefisien regresi positif artinya jika Biaya E-Commerce (Be) konstan, maka setiap kenaikan sebesar 1 pengunjung website maka akan terjadi kenaikan volume penjualan sebesar Rp 5.488,461. Hasil pengujian secara parsial untuk biaya e-commerce yaitu tidak berpengaruh terhadap volume penjualan, sedangkan pengujung website berpengaruh terhadap volume penjualan pada Aneka Kemeja Pria Bekasi. Hasil pengujian secara simultan (Bersama-sama) yaitu biaya e-commerce dan pengunjung website berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan pada Aneka Kemeja Pria Bekasi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.