ANALISIS PENYEBAB NAIK DAN TURUNNYA KINERJA TENAGA PEMASARAN PADA PT CITRA ASRI BUANA TAJUR DAN PT DWI PERKASA MOBILTAMA

Ghina Aswari Novera

Abstract


Kinerja adalah hasil kerja yang dihasilkan oleh seorang karyawan yang dilakukan sebaik mungkin agar memberikan. Naik dan turunnya kinerja seseorang tentunya disebabkan oleh berbagai faktor. Tenaga Kerja Pemasaran berperan penting di perusahaan yang bergerak dibidang Penjualan. PT Citra Asri Buana Tajur dan PT Dwi Perkasa Mobiltama merupakan perusahaan yang sama-sama bergerak di penjualan mobil atau dealer resmi Suzuki. Naik dan turunnya kinerja Tenaga Kerja Pemasaran dilihat dari tingkat keluhan atau komplain dari konsumen atas kinerjanya pada periode 2012-2015 hal tersebut berkaitan dengan kinerja tenaga kerja pemasaran yang berfluktuasi.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis tingkat kinerja pada PT Citra Asri Buana Tajur dan PT Dwi Perkasa Mobiltama serta mengetahui faktor-faktor penyebab naik dan turunnya kinerja tenaga kerja pemasaran dengan menggunakan data kualitatif berupa hasil kuesioner yang dilakukan di PT Citra Asri Buana Tajur dengan jumlah responden 36 orang dan PT Dwi Perkasa Mobiltama dengan jumlah responden 18 orang dengan metode penarikan sample populasi, metode analisis yang digunakan kualitatif deskriptif dan pengolahan data menggunakan Rata-rata dan Matriks.

Penelitian ini tidak menggunakan alat statistik karena deskriptif kualitatif, penelitian ini ingin mengetahui dan menceritakan faktor-faktor apasaja yang menyebabka kinerja tenaga kerja pemasaran naik dan turun.

Hasil penelitian menunjukan tingkat kinerja tenaga kerja pemasaran tidak cukup baik dan berbagai faktor yang menjadi penyebab dari naik dan turunnya kinerja tenaga kerja pemasaran. Naiknya kinerja di PT Citra Asri Buana disebabkan oleh faktor yaitu Sikap, Pendidikan, Kesempatan Berprestasi, Suprasarana, Hubungan Industrial, Pengalaman dan Keahlian. Kemudian di PT Dwi Perkasa Mobiltama naiknya kinerja disebabkan oleh faktor-faktor yaitu Mental, Pendidikan, Keterampilan, Suprasarana, Hubungan Industrial, Kebijakan Pemerintah dan Kemampuan Individu. Selanjutnya turunnya kinerja di PT Citra Asri Buana disebabkan oleh beberapa faktor yaitu Tingkat Penghasilan, Gaji, Kesehatan, Jaminan Sosial, Bonus, Kepemimpinan, Kompensasi dan Kepuasan Kerja. Untuk turunnya kinerja pada PT Dwi Perkasa Mobiltama juga disebabkan beberapa faktor yaitu Sarana, Tingkat Penghasilan, Gaji, Jaminan Sosial, Dukungan Organisasi, Kompensasi, Sikap,Kepribadian dan Kepuasan Kerja. Dari berbagai faktor yang telah disebutkan sebaiknya perusahaan mengelola dengan baik agar kinerja perusahaan dapat meningkat.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.