HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. KARABHA DIGDAYA (EMERALDA GOLF CLUB) CIMANGGIS DEPOK
Abstract
Banyaknya pesaing dalam perusahaan sejenis membuat setiap klub golf berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan dan fasilitas yang menunjang guna kepuasan para golfer dan mendorong agar setiap golfer menjadi loyal terhadap produk atau jasa yang di tawarkan dari masing-masing lapangan golf tersebut, tanpa terkecuali PT.Karabha Digdaya (Emeralda Golf Club) Cimanggis Depok. PT.Karabha Digdaya (Emeralda Golf Club) Cimanggis Depok merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa khususnya penyedia jasa lapangan golf. Dalam dua tahun terakhir, PT.Karabha Digdaya (Emeralda Golf Club) Cimanggis Depok sendiri mengalami peningkatan pada jumlah pelanggan, meskipun mengalami peningkatan jumlah pelanggan bukan berarti perusahaan tersebut berjalan baik, tetapi terbukti masih terdapat adanya keluhan yang di sampaikan oleh beberapa pelanggan di dalam dua tahun terakhir ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan pada PT.Karabha Digdaya (Emeralda Golf Club) Cimanggis Depok, bagaimana loyalitas pelanggan PT.Karabha Digdaya (Emeralda Golf Club) Cimanggis Depok dan apakah terdapat hubungan positif antara kualitas pelayanan dan loyalitas pelanggan pada PT.Karabha Digdaya (Emeralda Golf Club) Cimanggis Depok
Penelitian ini menggunakan data kualitatif yang merupakan data primer dan data sekunder dimana metode pengumpulan data menggunakan metode survei dengan teknik penyebaran kuesioner. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dimana responden merupakan pelanggan PT. Karabha Digdaya (Emeralda Golf Club) Cimanggis Depok. Metode penarikan sampel menggunakan pemilihan sampel acak sederhana (simple random sampling) Metode analisis yang di gunakan adalah analisis deskriptif, analisis koefesien korelasi rank spearman, analisis koefesien penentu (coeffecient of determination), dan uji signifikansi koefesien korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pada PT. Karabha Digdaya (Emeralda Golf Club) Cimanggis Depok baik, loyalitas pelanggan di PT. Karabha Digdaya (Emeralda Golf Club) Cimanggis Depok kurang baik. Adanya hubungan antara kualitas pelayanan dengan loyalitas pelanggan dan koefesien korelasinya sebesar rs= 0,210. Kualitas pelayanan berkontribusi sebesar 4,41% dan sisanya sebesar 95,59% dipengaruhi oleh faktor lain. Saran yang dapat diberikan adalah PT. Karabha Digdaya (Emeralda Golf Club) Cimanggis Depok, sebaiknya mempertahankan dan meningkatan kualitas pelayanannya seperti kompetensi yang dimiliki oleh setiap karyawan dalam melayani para pelamggam harus dipertahankan bahkan ditingkatkan serta adanya jam operasional bagi para pelanggan. Dan PT. Karabha Digdaya (Emeralda Golf Club) Cimanggis Depok, sebaiknya melakukan penelitian lebih lanjut mengenai faktor-faktor lain di luar kualitas pelayanan, seperti; lokasi yang strategis, penyediaan lapangan golf yang berbeda dengan perusahaan sejenis dan diadakannya turnamen baik lokal maupun internasional agar pelanggan semakin loyal terhadap PT. Karabha Digdaya (Emeralda Golf Club) Cimanggis Depok.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.