HUBUNGAN KUALITAS PRODUK DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEPEDA MOTOR SUZUKI PADA PT. SEJAHTERA SAHABAT UTAMA

Tri Silvia Apriani

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas produk pada PT. Sejahtera Sahabat Utama, bagaimana kepuasan konsumen PT. Sejahtera Sahabat Utama dan apakah terdapat hubungan positif antara kualitas produk dan kepuasan konsumen pada PT. Sejahtera Sahabat Utama. Penelitian ini menggunakan data kualitatif yang merupakan data primer dan data sekunder dimana metode pengumpulan data menggunakan metode survei dengan teknik penyebaran kuesioner. Sampel yang digunakan sebanyak 130 responden. Metode penarikan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan purposive sampling. Metode analisis yang di gunakan adalah analisis deskriptif, analisis koefesien korelasi pearson/product moment, analisis regresi linear sederhana, uji hipotesis koefesien korelasi dan analisis koefesien penentu (coeffecient of determination). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk pada PT. Sejahtera Sahabat Utama ralatif baik, kepuasan konsumen ralatif baik. Adanya hubungan antara kualitas produk dengan kepuasan konsumen dan koefesien korelasinya sebesar r = 0,044. Hasil analisis regresi linear sederhana yang diolah menggunakan SPSS 23, diperoleh persamaan Y = 38,822 + 0,027x hal ini menunjukan bahwa kualitas produk(X) berpengaruh positif (+) pada kepuasan konsumen (Y), Dari hasil uji hipotesis koefisien korelasi menunjukkan bahwa nilai zhitung > ztabel ( > 1,960) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat hubungan positif antara kualitas produk dengan kepuasan konsumen. Dan hasil koefisien determinasi menunjukan bahwa kualitas produk berkontribusi sebesar 0,19% dan sisanya sebesar 99,81% dipengaruhi oleh faktor lain. Saran dari penelitian ini adalah perusahaan harus lebih meningkatkan kualitas produk mengenai serviceability, lebih di perhatikan kembali mengenai kinerja dari sepeda motor tersebut, agar kinerja dan harapan sesuai sehingga konsumen merasa puas, dan lebih teliti dalam memilih startegi apa yang digunakan untuk meningkatkan kualitas produk tersebut sesuai dengan kebutuhan konsumen. Kata Kunci : Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.