ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN PONSEL
Abstract
Disusun oleh AMALIA, NPM 021113179, Manajemen, Manajemen Pemasaran, Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Proses Keputusan Pembelian Ponsel (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Prodi Manajem Universitas Pakuan Bogor) , dibawah bimbingan : SRI HARTINI dan MEGAWATI SYAHRIL, 2017. Produk iPhone menyadari akan perkembangan pasar smartphone yang semakin ketat sehingga muncul persaingan antar vendor smartphone. Persaingan yang ketat mengakibatkan menurunnya pangsa pasar iPhone. Manajamen produk iPhone harus mengetahui secara mendalam perilaku konsumen yang akan menjadi sasarannya, termasuk didalamnya proses pengambilan keputusan konsumen, faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen serta sikap konsumen produk Iphone. Produk iphone sendiri mengalami penjualan penurunan unit. Penurunan unit yang dialami iPhone dikarenakan banyaknya vendor penyedia smartphone relatif murah yang memiliki spesifikasi sama dan daya beli konsumen yang menurun. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis perilaku konsumen pembelian produk iPhone pada Mahasiswa S1 Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan Bogor, memahami proses keputusan pembelian produk iPhone pada Mahasiswa S1 Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan Bogor dan untuk menganalisis perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian produk iPhone pada Mahasiswa S1 Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan Bogor. Metode penelitian ini menggunakan data kualitatif yang merupakan data primer dan data sekunder dimana metode pengumpulan data menggunakan tehnik penyebaran kuesioner. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dimana responden merupakan Mahasiswa S1 Prodi Manajem Universitas Pakuan Bogor. Metode penarikan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan tehnik proposional random sample. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif , uji validitas, uji reliabilitas dan tabulasi silang. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa perilaku konsumen pembelian produk iPhone pada Mahasiswa S1 Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan Bogor menunjukkan hasil yang baik. Proses keputusan pembelian produk iPhone pada Mahasiswa S1 Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan Bogor baik dan hasil analisis perilaku konsumen pembelian produk iPhone pada Mahasiswa S1 Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan Bogor berdasarkan tabulasi silang faktor yang paling dominan dalam keputusan pembelian adalah faktor pribadi dengan presentase responden yaitu sebesar 62,0%.
Kata Kunci : Perilaku Konsumen, Proses Keputusan Pembelian
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.