ANALISIS TATA LETAK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI TERHADAP EFEKTIVITAS PELAYANAN PADA PUSKESMAS BOGOR TIMUR

Vera Ulva Theana

Abstract


Layout merupakan suatu keputusan penting yang menentukan efisiensi sebuah operasi dalam jangka panjang. Tata letak memiliki banyak dampak strategis karena tata letak menentukan daya saing perusahaan dalam segi kapasitas, proses, fleksibilitas dan biaya, serta kualitas lingkungan kerja, kontak pelanggan dan citra perusahaan. Tata letak yang efektif dan efisiensi dapat membantu organisasi mencapai suatu strategis yang menunjang diferensiasi, biaya rendah atau respon cepat. Tak lupa pula selain memperhatikan efisiensi penataan ruang kantor, efektivitas pun perlu diperhatikan karena jika penataan ruang kantor yang mengacu kepada efisiensi semata dan tidak memperhatikan efektivitas dalam penataan ruangan maka akan menimbulkan fungsi ruangan tersebut tidak efektif . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tata ruang kantor pada Puskesmas Bogor Timur. Serta untuk mengetahui penataan ruang kantor pada Puskesmas Bogor Timur untuk meningkatkan efektivitas pelayanan.Jenis penelitian ini adalah Deskriptif (Eksploratif) dengan metode sejarah. Unit analisis yang digunakan peneliti berupa individual, yaitu sumber data yang diperoleh dari setiap orang/individu dalam suatu kelompok/organisasi. Lokasi penelitian beralamatkan Jl. Pakuan No.6 Baranangsiang, Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat 16143, Indonesia. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif, data tersebut berasal dari sumber yang bersifat primer. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Activity Relationship Chart digunakan untuk menganalisis dan membandingkan layout ruangan dalam kantor berdasarkan penilaian kualitatif dengan hasil akhir yang akan digambarkan dengan Activity Relatiopnship Diagram.Hasil dari penelitian ini menunjukkan Produktifitas suatu organisasi secara langsung atau tidak langsung akan dipengaruhi oleh penataan ruang kantor (Layout), baik dalam arti positif maupun negatif. Layout sebuah kantor akan mempengaruhi kedinamisan suatu tempat kerja. Mengingat hal tersebut, desain kantor yang nyaman dan teratur sekaligus efisien mutlak diperlukan Puskesmas Bogor Timur, yang semuanya tergantung pada tiga hal yaitu peralatan, jumlah ruangan dan pegawai.Simpulan berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Penetapan penataan office layout yang digunakan oleh Puskesmas Bogor Timur menggunakan konsep strategi office layout terbuka dan office layout tertutup, untuk penerapan office layout terbuka. Saran bagi Disarankan ada penambahan ruangan atas yakni Ruangan Observasi dikhususkan untuk para peneliti yang akan melakukan penelitian disana, selain itu sebelum melakukan pembangunan sebaiknya pertimbangkan dari segi keteraturan,kemudahan serta keindahan guna untuk menciptakan kemajuan dan kenyamanan bersama dengan masyarakat.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.