PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENEMUAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SUBTEMA BERSYUKUR ATAS KEBERAGAMAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK
Abstract
Anita Pertiwi, 037113394, Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Penemuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Bersyukur atas Keberagaman dengan Pendekatan Saintifik. Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 4 Karanggan Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2017/2018. Penelitian ini dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas, dilaksanakan secara kolaboratif dan tiga siklus, tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar subtema bersyukur atas keberagaman siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 4 Karanggan Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor yang terdiri dari 40 siswa, pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I hasil belajar aspek pengetahuan mencapai persentase 40%, pada siklus II mencapai persentase 72,5% sedangkan pada siklus III mencapai persentase hasil 90%. Penelitian ini berkesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis penemuan untuk meningkatkan hasil belajar subtema bersyukur atas keberagaman dengan pendekatan saintifik. Pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 4 Karanggan Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor.
Kata kunci : Hasil Belajar, Subtema Bersyukur atas Keberagaman, Model Pembelajaran Berbasis Penemuan
Refbacks
- There are currently no refbacks.