ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA TUNANETRA BERPRESTASI

Anita Juliasari

Abstract


Anita Juliasari.  037113343. Analisis Gaya Belajar Siswa Tunanetra Berprestasi. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan, Bogor 2017. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan dan perekaman data dilakasanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Peneliti menggunakan uji kreadibilitas, transferabilitas, depenabilitas, dan konfrimabilitas untuk memperoleh keabsahan data. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan temuan pada gaya belajar siswa tunanetra berprestasi di SLB-C Dharma Wanita Kota Bogor. Subjek peneliti adalah satu siswa yang berasal dari SLB-C Dharma Wanita Kota Bogor pada semseter genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil peneltian menunjukan bahwa gaya belajar siswa tunanetra berprestasi di SLB-C Dharma Wanita menunjukan kecenderungan gaya belajar Audiotori. Prestasi belajar subjek adalah di bidang akademik maupun nonakademik. Subjek termasuk kedalam siswa tunanetra yang buta total. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa setiap siswa tunanetra memiliki gaya belajar Audiotori dan dapat memiliki prestasi yang baik.

 

 

 

Kata kunci: Gaya Belajar, Prestasi Belajar, dan Siswa Tunanetra


Refbacks

  • There are currently no refbacks.