HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Mawar Putri, Fitri Sundari, Rais Hidayat

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar sekolah dengan prestasi belajar siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner skala Likert untuk variabel disiplin belajar dan prestasi belajar siswa. Uji validitas instrumen disiplin belajar dan prestasi belajar dihitung menggunakan rumus Product Moment Pearson dan untuk uji reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Cisarua 03 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 93 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 48 siswa, yang diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane dengan presisi sebesar 10%. Penelitian kuantitatif ini dilakukan dengan uji coba validitas dan reliabilitas instrumen yang kemudian dilanjutkan dengan mensurvai sampel dengan instrumen yang valid dan reliabel. Kemudian, hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan disiplin belajar dengan prestasi belajar, ditunjukan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien regresi (rxy) sebesar 0,818 dan diperoleh thitung sebesar 9,64. Ini menunjukan adanya hubungan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,65 atau sebesar 65%. Hal ini berarti nilai prestasi belajar 65% ditentukan oleh disiplin belajar, melalui persamaan regresi Ŷ = 24,6 + 0,40x, bersifat signifikan, maka setiap peningkatan 1 unit disiplin belajar akan meningkat prestasi belajar siswa sebesar 0,40 unit. Adapun sisanya sebanyak 24,6% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara literasi sekolah dengan prestasi belajar siswa. Hal ini menunjukan bahwa untuk meningkatkan prestasi maka harus memperhatikan disiplin belajar tersebut.
Kata kunci : Disiplin Belajar, Prestasi Belajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.