HUBUNGAN MOTIVASI INTRINSIK DENGAN PERILAKU DISIPLIN SISWA

Rizky Amalia, Rais Hidayat, Sandi Budiana

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan penelitian korelasional. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Motivasi Intrinsik dengan Perilaku Disiplin Siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Bojonggede 01 Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 111 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 53 siswa, yang diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane dengan presisi sebesar 10%. Dalam pembuatan instrumen variabel bebas dan variabel terikat menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara motivasi intrinsik dengan perilaku disiplin siswa, ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien regresi (rxy) sebesar 0,98 dan diperoleh thitung sebesar 36,86. Ini menunjukan adanya hubungan motivasi intrinsik dengan perilaku disiplin siswa, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,96 atau sebesar 96%. Hal ini berarti perilaku disiplin siswa sebesar 96% ditentukan oleh motivasi intrinsik, melalui persamaan regresi Ŷ = 15,3 +0,69 X. Sisanya sebanyak 4% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara motivasi intrinsik dengan perilaku disiplin siswa. Hal ini menunjukan bahwa salah satu cara untuk membudayakan perilaku disiplin siswa yaitu dengan cara menumbuhkan motivasi intrinsik dengan baik oleh siswa.
Kata Kunci : Motivasi Intrinsik, Perilaku Disiplin Siswa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.