Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam

Tika Sulastri

Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dan studi Kausal pada kemandirian belajar sebagai variabel bebas dan prestasi belajar IPA sebagai variabel terikat. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan atau kelemahan pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar IPA. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IVB Sekolah Dasar Negeri Ciampea 01 Kabupaten Bogor Genap Tahun Pelajaran 2016/2017, berjumlah 91 siswa dan sampel yang diambil sebanyak 30 responden. Validasi instrumen kepercayaan diri menggunakan program Microsoft excel dengan rumus Pearson Product Moment. Sedangkan perhitungan reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Validasi instrumen hipotesis penelitian dilakukan dengan teknik hubungan analisis regresi sederhana dengan Ŷ = 9,1+0,49X yang berarti hubungan fungsional adalah signifikan, dalam penelitian ini setiap kenaikan satu unit kemandirian belajar akan meningkatkan prestasi belajar IPA sebesar 0,49 unit. Pengujian korelasi sederhana menyatakan bahwa (rxy) sebesar 0,96 yang berarti terdapat hubungan antara variabel sangat kuat, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,9216 yang berarti kemandirian belajar berkontribusi 92% terhadap prestasi belajar IPA. Sisanya sebanyak 8% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar IPA.
Kata kunci:. Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar IPA


Refbacks

  • There are currently no refbacks.