Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
Abstract
ABSTRAK
Dian Febriani, 037113372. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Negeri Patahunan 02 Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan, Bogor 2017. Penelitian ini merupakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan secara kolaboratif menggunakan dua siklus. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-B Sekolah Dasar Negeri Patahunan 02 Kecamatan Sukaraja yang terdiri dari 31 siswa dengan jumlah siswa perempuan 19 dan 12 siswa laki-laki. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian proses pembelajaran siklus I memperoleh nilai 73,45% dan penilaian siklus II memperoleh nilai 82,16% sudah mencapai indikator keberhasilan 85%, begitu pula dengan penilaian sikap selama proses pembelajaran, pada siklus I siswa memperoleh nilai 61,3% sedangkan siklus II memperoleh nilai 81,5% dan sudah mencapai indikator keberhasilan 85%. Selanjutnya penilaian ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 69,83 dengan hasil ketuntasan 58,1%, sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 81,06 dengan hasil ketuntasan 87,1% sudah mencapai indikator keberhasilan 85%, artinya peningkatan tersebut bermakna telah berhasil. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas IV-B di SDN Patahunan 02 Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun pelajaran 2016/2017.
Kata kunci: Hasil Belajar, Mind Mapping, dan Pendidikan Kewarganegaraan.
ABSTRACT
Dian Febriani, 037113372. Applying cooperative learning model mind mapping to improve the learning outcomes of civic education subjects Patahunan 02 sub district of Sukaraja Bogor regency. Theses courses of primary school teacher education faculty of teacher training and education science, Bogor Pakuan University 2017. This research is a research approach to class action (PTK), implemented collaboratively using two cycles. The purpose of this research is to improve the learning process and improve the results of the study. The subject of this research is the grade IV-B stateelementary school Patahunan 02 sub district of Sukaraja consisting of 31 students, with a composition of 19 female students and 12 male students numbered years semester lesson 2016/2017. The research results showed that the learning process improvement cycle I scored 73,45% and the assessment cycle II scored 82,16% success indicators have reached 85%, as well as improvements in attitude during the learning process, the cycle of I students scored 61,3% where as the cycle II 81,5% value gain and success indicators have reached 85%. Further assessment of students learning results thoroughly on cycle I gained an average rating of 69,83 with the results thoroughly 58,1%, while on cycle II obtained an average scored of 81,06 with the results thoroughly 87,1% success indicators have reached 85%, meaning that the increase means have been unsuccessful. Based on the above research results it can be concluded that the application of the cooperative learning model of mind mapping can improve student learning results on subjects civic education students of class IV-B in SDN Patahunan 02 sub district of Sukaraja Bogor regency even semester academic year 2017.2017
Keywords : Learning Outcomes, Mind Mapping,, and Civic Education
Refbacks
- There are currently no refbacks.