PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERSYUKUR ATAS KEBERAGAMAN

Fany Rachmawati

Abstract


Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar subtema Bersyukur atas Keberagaman siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pabuaran yang terdiri dari 37 siswa, pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester gasal tahun pelajaran 2017/2018.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti, pada siklus I memperoleh rata-rata 79 dan pada siklus II 89,5 kemudian pada siklus III 91 yaitu termasuk pada interpretasi baik. Pada penilaian hasil belajar aspek sikap pada siklus II menjadi 80 dengan presentase 78,3% termasuk interprestasi baik. Begitupula pada ketuntasan hasil belajar aspek pengetahuan siklus I mencapai presentase 62,16%  dengan rata-raa 74,81 dan meningkat pada siklus II mencapai presentase 81,08%  dengan rata-rata 79,16 kemudian pada siklus III mencapai presentase 89,01% dengan rata-rata 83,08 yaitu sangat baik. Peneltiian ini berkesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar subtema bersyukur atas keberagaman. Pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pabuaran Kecamatan Bogor Selatan.

Kata kunci : Hasil Belajar, Subtema Bersyukur atas keberagaman, Model Pembelajaran Inkuri

ABSTRACT

 

The main objective of this research is to know the improvement of learning result of grateful subtheme on the diversity of the fourth grade students of Pabuaran State Elementary School consisting of 37 students, the implementation of this research is done in the semester of the 2017/2018 academic year. The research result shows that the implementation of learning process done by the researchers, in cycle I obtained an average of 79 and in cycle II 89.5 then in cycle III 91 that is included on the interpretation of both. On the assessment of learning outcomes attitude aspects in cycle II to 80 with a percentage of 78.3% including good interpretation. Similarly, in the completeness of learning outcomes in the knowledge aspects of cycle I reached 62.16% percentage with 74.81 average and increased in cycle II reached the percentage of 81.08% with an average of 79.16 then in the third cycle reached a percentage of 89.01% with an average of 83.08 is very good. This study concludes that the application of inquiry learning model with scientific approach to improve learning outcomes is grateful for diversity. In grade 4 students of Pabuaran State Elementary School, South Bogor District.

 

Keywords: Learning Outcomes, Grateful Subthemes for diversity, Model of Inquiri Learning


Refbacks

  • There are currently no refbacks.