PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA

Fhani Agustin

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan secara kolaboratif antara peneliti, wali kelas, observer, dan obyek yang diteliti. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV C Sekolah Dasar Negeri Cibatok 03 yang terdiri dari 31 siswa dengan komposisi 15 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada pelaksanaan pembelajaran siklus I yang memperoleh persentase sebesar 84,00% dan pada siklus II memperoleh persentase sebesar 91,43%, sedangkan untuk hasil perubahan perilaku siswa menunjukkan adanya peningkatan pada keaktifan, kerjasama, keberanian dan semangat dengan memperoleh persentase sebesar 78,9% pada siklus I, dan 91,16% pada siklus II. Begitu pula dengan nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I yaitu 73,81 dengan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 54,84%, sedangkan siklus II memperoleh nilai rata-rata 81,03 dengan persentase ketuntasan sebesar 87,10%. Dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 32,26%, maka penelitian dinyatakan berhasil. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif Two Stray Two Stay dapat meningkatkan hasil belajar mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV C SDN Cibatok 03 Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor, selain itu model pembelajaran ini dapat meningkatkan partisipasi dan perilaku siswa dalam proses pembelajaran.

 

 

Kata Kunci: Hasil belajar, Two Stray Two Stay, Ilmu Pengetahuan Alam.

ABSTRACT

 

This research is a Classroom Action Research (PTK) conducted collaboratively between researchers, homeroom, observer, and the object under study. The purpose of this study is to improve the learning outcomes of subjects of Natural Sciences. The subjects of this study are the students of grade IV C State Elementary School Cibatok 03 consisting of 31 students with the composition of 15 female students and 16 male students. Implementation of this research is done in the even semester of the academic year 2016/2017. The results showed that there was an increase in the implementation of learning cycle I that obtained percentage of 84.00% and in cycle II obtained a percentage of 91.43%, while for the results of changes in student behavior showed an increase in liveliness, cooperation, courage and spirit by obtaining Percentage of 78,9% in cycle I, and 91,16% in cycle II. Similarly, the average value of learning outcomes in cycle I is 73.81 with the percentage of learning result completeness of 54.84%, while cycle II obtained an average value of 81.03 with the percentage of mastery of 87.10%. From cycle I to cycle II an increase in learning outcome of 32.26%, then the study declared successful. From the research result, it can be concluded that cooperative learning model Two Stray Two Stay can improve the learning result of the subject of Natural Science Lesson in class IV C SDN Cibatok 03 Cibungbulang District Bogor Regency, besides this learning model can increase student participation and behavior in learning process. 

Keywords: Learning outcomes, Two Stray Two Stay, Natural Sciences

Refbacks

  • There are currently no refbacks.