Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman Dengan Pendekatan Saintifik

Nia Fitriani

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Dilaksanakan secara kolaboratif dan tiga siklus. bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar subtema kebersamaan dalam keberagaman siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 1 yang terdiri dari 35 siswa, pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester gasal tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti, pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 84 dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 88 kemudian pada siklus III memperoleh nilai rata-rata 92 yaitu termasuk pada interpretasi sangat baik. Pada penilaian hasil belajar aspek sikap siklus I diperoleh nilai rata-rata yaitu 79 termaasuk interpretasi cukup dan pada siklus III memperoleh nilai rata-rata 89 termasuk interpretasi baik. Demikian juga pada ketuntasan hasil belajar siswa meningkat hal ini ditunjukan pada hasil belajar aspek pengetahuan siklus I mencapai persentase 65,7% dan  meningkat pada siklus II mencapai persentase 82,8% kemudian pada siklus III mencapai persentase 88,6% yaitu sangat baik. Penelitian ini berkesimpulan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar subtema kebersamaan dalam keberagaman dengan pendekatan saintifik pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 1 Kota Bogor.

 

Kata kunci: Hasil Belajar, Keberagaman, Problem Based Learning

 

ABSTRACT

This research with Classroom Action Research approach. Collaboratively implemented and three cycles, the aim of this is to gain  the improvement of learning outcomes of togetherness subtema in the diversity of fourth graders of Lawanggintung 1 State Elementary School consisting of 35 students, the implementation of this research is conducted in the first semester of 2017/2018. The results showed that the implementation of the learning process undertaken by researcher in the cycle I the average score is 84 and in cycle II obtained an average score is 88 and then in cycle III the average score 92 that included in the good interpretation. In the assessment of learning outcomes of behavior aspects in the cycle I obtained an average score is 79 that include in adequate interpretation and on the third cycle, the average score is 89 that showed good interpretation. Likewise in the completeness of student learning outcomes increased that showed from knowledge aspects of cycle I reached in percentage 65.7% and increased in cycle II reached in percentage 82.8% then in cycle III reached very good result in percentage 88.6%. This study concludes that the application of problem based learning model can improve the learning outcomes of subtheme togetherness in diversity with scientific approach in grade 4 students of Lawanggintung 1 elementary school Bogor.

 

Keywords: Learning Outcome, Diversity, Problem Based Learning


Refbacks

  • There are currently no refbacks.