HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar ilmu pengetahuan alam. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner skala Likert untuk variabel kemandirian belajar dan nilai rapor untuk varibel prestasi belajar. Uji validitas instrumen kemandirian belajar dihitung dengan rumus Product Moment Pearson dan untuk uji reliabilitasnyadihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pasir Eurih 05 Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 20167/2017 yang berjumlah 61 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 38 siswa, yang diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane dengan presisis sebesar 10%. Penelitian kuantitatif ini dilakukan dengan uji coba validitas dan reliabilitas instrumen yang kemudian dilanjutkan dengan mensurvai sampel dengan instrumen yang vald dan reliabel. Kemudian, hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belejar ilmu penegtahuan alam, ditunjukan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,87 dan diperoleh thitung sebesar 10,59. Ini menunjukan adanya hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar ilmu pengetahuan alam, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,7569 atau sebesar 75,69%. Hal ini berarti nilai prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan alam 75,69% dipengaruhi oleh kemandirian belajar, melalui persamaan regresi Y ̌= 18,58+0,70x, bersifat signifikan, maka setiap peningkatan 1 unit kemandirian belajar akan meningkatkan prestasi belajar siswa sebesar 0,70 unit. Adapun sisanya sebanayk 24,31% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkann hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar ilmu pengetahuan alam. Hal ini menunjukan bahwa untuk meningkatkan prestasi belajar siswa maka harus memperhatikan kemandriain belajar siswa tersebut.
Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam
ABSTRACT
The purpose of this study is to find out whether there is a significant correlation between students’ independence learning and their Science’s learning achievement. In collecting the data, the questionnaire using Likert scale are used. The validity checking of the instruments of students’ independence learning and students’ learning achievement are using Pearson Product Moment formula then Alpha Cronbach formula are used to check reliability of the instruments. The population of this research are students of Sekolah Dasar Negeri Pasir Eurih 05 Bogor grade 4th academic year 2016/2017. The total numbers of students are 61. The writer uses Taro Yamane formula to take the sample with 10% of precision. The samples are 38 students. This quantitative research is done by checking the validity and reliability of the instrument which is then followed by surveying the sample with valid and reliable instruments. The result of the study shows that there is a correlation between students’ independence learning and their Science’s learning achievement. It is proved by the rxy is 0, 87 and thitung is 10,59. Meanwhile, the r2 is 0,7569 or 75,69%. It means that the value of Science’s learning achievement 75,69% is determined by the student's independence learning through the regression equation Ŷ = 18,58 + 0,70x, is significant. Then every 1 unit of students’ independence learning will increase 0.70 units of student’s Science’s learning achievement. While the rest 24,31% are determined by the other factors. In conclusion, there is a correlation between students’ independence learing and their Science’s learning achievement. The research shows that to improve student’s Science’s learning achievement, it must pay attention to the student's independence learning.
Keywords : Student’s Independence Learning, Learning Achievement, Science
Refbacks
- There are currently no refbacks.