Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS
Abstract
ABSTRAK
Siti Parida. 037113237. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cikanyere II Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2017. Penelitian imi merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan secara kolaboratif dari dua siklus. Tujuan peneltian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dalam materi perjuangan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia melalui model pembelajaran kooperatif Jigsaw kelas V Sekolah Dasar Negeri Cikanyere II Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Cikanyere II yang terdiri dari 27 siswa, dengan komposisi laki-laki 14 siswa dan perempuan 13 siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017.Penelitian ini dilakukan dua siklus, pada siklus pertama peningkatan kualitas pelaksanan pembelajaran memperoleh nilai sebesar 78,25 dan meningkat pada siklus II menjadi 85 dengan interpretasi baik. Perubahan perilaku siswa (sikap) pada siklus I memperoleh nilai 75,97 dan meningkat pada siklus II yaitu menjadi 86,05 dengan interpretasi baik. Kemudian pada siklus I memperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 63% dengan siswa yang telah mencapai KKM sebanyak 17 orang siswa dan yang belum mencapai KKM sebanyak 10 orang siswa, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 88,88% dengan interpretasi baik, dengan banyak siswa yang mencapai KKM adalah 24 orang siswa dan yang belum mencapai KKM sebanyak 3 orang siswa yang termasuk ke dalam kategori baik. Penelitian ini disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cikanyere II Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur. Selain itu, penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw ini dapat meningkatkan kedisiplinan, kerjasama, percaya diri dan semangat siswa dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial
ABSTRACT
Siti Parida. 037113237. Implementation of Jigsaw Cooperative Learning Model to Improve Learning Outcomes of Social Sciences Subjects in Grade V Students of SDN Cikanyere II, Sukaresmi district, Cianjur regency. Paper of Primary School Teacher Education Program. Faculty of Teacher Training and Education. Pakuan University. Bogor. 2017.This research is a Classroom Action Research (PTK) carried out collaboratively from two cycles. The purpose of this study is to improve a learning process in the material “perjuangan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia” through cooperative learning model Jigsaw in grade V of SDN Cikanyere II Sukaresmi District, Cianjur.The subjects of this research are the students of grade V of SDN Cikanyere II consisting of 27 students; male 14 students and 13 students. Implementation of this research is done in the even semester of the academic year 2016/2017.This research was conducted two cycles, in the first cycle of quality improvement of learning appraisal obtained a value of 78.25 and increased in cycle II to 85 with good interpretation. Changes in student behavior (attitude) in cycle I get the value of 75,97 and increase in cycle II that is to be 86,05 with good interpretation. Then in cycle I get the completeness of learning result equal to 63% with students who have reached KKM as many as 17 students and who have not reached KKM as many as 10 students, then in cycle II become 88,88%, with many Students who reached the KKM were 24 students and who had not reached the KKM as many as 3 students belonging to either category.This research concluded that Application of Jigsaw Cooperative Learning Model can improve student learning outcomes in Social Science material in grade V of SDN Cikanyere II, Sukaresmi district, Cianjur regency. In addition, the application of cooperative learning model Jigsaw can improve discipline, cooperation, confidence and spirit of students in the learning process.
Keywords: Jigsaw Cooperative Learning Model, Learning Outcomes, Social Sciences.
Refbacks
- There are currently no refbacks.