PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan secara Kolaboratif dan 2 siklus. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kedung Halang 02 Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor melalui model pembelajaran Two Stay Two Stray. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Kedung Halang 02 yang terdiri dari 35 peserta didik dengan komposisi perempuan 14 orang dan laki-laki 21 orang. Pelaksanaan pembelajaran ini dilakukan pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata ketuntasan hasil belajar pada siklus I memperoleh nilai 70,45 dengan tingkat ketuntasan sebesar 68,52%. Sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 86,4 dengan tingkat ketuntasan 85,71%. Penelitian ini berkesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada peserta didik kelas V di Sekolah Dasar Negeri Kedung Halang 02 Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor. Selain itu model pembelajaran ini dapat meningkatkan keberanian, kerjasama dan tanggung jawab siswa dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Model Two Stay Two Stray, Hasil Belajar, IPA
ABSTRACT
This study uses classroom action approach was implemented collaboratively and two cycles. The main objective of this research is to improve the learning outcomes in social science subjects of the fifth grade elementary school Kedung Halang 02 in Bogor through Two Stay Two Stray. The subject of this research is students of fifth grade elementary school that consists of 35 students with the composition of 14 girl and 21 boy. The implementation of this learning is done in the odd semester of the 2017/2018 academic year. The results showed that the average value in the amount of learning result completeness in cycle one got a value of 70,45 with a complete level of 68,52%. While in cycle two got a average value in the amount of 86,4 with a level of mastery 85,71%. This research concludes that the application of Two Stay Two Stray learning model can improve learning outcomes in social science subjects in the fifth grade students in the state primary school Kedung Halang 02 in Bogor. In addition, this learning model can improve bravery, cooperation and responsibility of students in learning process too.
Keywords : Model Two Stay Two Stray, Learning , Natural Science
Refbacks
- There are currently no refbacks.