PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

Dede Vera

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan kolaborator. Tujuan utama dalam penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam materi penggolongan hewan pada siswa kelas IV melalui model Pembelajaran Kooperatif Example Non Example subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 26 siswa dengan komposisi 11 siswa laki-laki , dan 15 siswa perempuan penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. penelitian ini dilakukan dua siklus, Hasil belajar pada siklus I ketuntasan hasil belajar sebesar 57,69%, sedangkan siklus II memperoleh ketuntasan sebesar 88,5%. Dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 30,81%, sedangkan untuk hasil perubahan perilaku siswa menunjukkan adanya peningkatan pada keaktifan, kerjasama, dan tanggung jawab dengan memperoleh persentase sebesar 69,68% pada siklus I, dan 83,22% pada siklus II. Begitu pula dengan pelaksanaan pembelajaran yang mengalami peningkatan, siklus I yang memperoleh persentase sebesar 71,76% dan pada siklus II memperoleh persentase sebesar 95,88%, maka penelitian dinyatakan berhasil. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV SDN Tapos 03 Kecamatan Tenjo Kabupaten Bogor, selain itu model pembelajaran ini dapat meningkatkan partisipasi dan perilaku siswa dalam proses pembelajaran

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Example Non Example, Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam


Refbacks

  • There are currently no refbacks.