RANCANG BANGUN ALAT MONITORING BIAYA LISTRIK TERPAKAI BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT)

ASEP MUHAMAD ALIPUDIN

Abstract


Pada saat ini pemakaian energi listrik sering terjadi pemborosan karena waktu pemakaiannya yang sering kali tidak tepat, tidak efektif dan kurangnya kesadaran masyarakat untuk menghemat energi listrik karena tidak dapat memonitoring secara langsung penggunaan energi listrik yang mereka pakai. Atas dasar pemikiran tersebut maka dibuat rancangan alat yang mampu memonitoring penggunaan energi listrik secara real time dan dapat menampilkan biaya pemakaian energi listrik. Alat monitoring biaya listrik terpakai ini bekerja ketika suplai listrik dari PLN memberikan tegangan kepada catu daya untuk menghidupkan mikrokontroler ATMega2560, Modul Wi-Fi Esp8266, Sensor PZEM-004T, dan LCD Display. Pembacaan nilai besaran listrik (tegangan, arus, daya aktif, energi) yang dilakukan oleh Sensor  PZEM-004T selanjutkan dikirimkan kepada mikrokontroler, pada mikrokontroler nilai besaran listrik tersebut dikonversi kedalam harga rupiah dan di tampilkan pada LCD Display. Modul Wi-Fi Esp8266 digunakan sebagai penghubung antara mikrokontroler dengan jaringan internet sehingga penggunaan energi listrik dapat di monitoring melalui smartphone. Alat monitoring biaya listrik terpakai ini dapat menjadi indikator ketika pemakaian energi listrik dalam harga rupiah tertentu telah tercapai.

 

Kata Kunci: Mikrokontroler, ATMega2560, Sensor PZEM-004T, IoT



Full Text:

PDF

References


Amaro, Najib. (2017). Sistem Monitoring Besaran Listrik Dengan Teknologi IoT (Internet of Things). Fakultas Teknik Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Wassem, Muhammad. (2015). A Review On Internet Of Things (IoT). International Journal of Computer Aplications 113(1).

Basri, Hasan. (1997). Sistem Distribusi Daya Listrik. ISTN. Jakarta.

Arifin, Juhari. (2016). Perancangan Murottal Otomatis Menggunakan Mikrokontroler Arduino Mega 2560. Jurnal Media Infotama vol. 12 no.1.

Sasmoko, Dani. (2017). Implementasi Penerapan Internet of Things (IoT) pada Monitoring Infus Menggunakan Esp8266 dan Web untuk Berbagi Data. Jurnal Ilmiah Informatika Volume 2 no. 1.

Innovatorsguru. (2018). Ac Digital Multi-function Meter Using PZEM 004T. Diakses pada 20 mei 2018 dari https://innovatorsguru.com/ac-digital-multifunction-meter-using-pzem-004t/.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.