PERANCANGAN SISTEM MONITORING PROTOTIPE PEMBANGKIT HIBRID PLTS DENGAN PLTB BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT)

ADE NOVIYANTO

Abstract


Perancangan prototipe pembangkit listrik hibrid energi matahari dan angin. Dengan menggunakan sistem hibrid yang dapat di monitoring melalui jaringan internet. Merupakan perancangan alat yang memanfaatkan energi terbarukan yaitu energi matahari dan angin sebagai sumber energi listrik. Seiring dengan pertambahan penduduk dan meningkatnya aktifitas masyarakat. Kebutuhan energi terus meningkat, sebagian besar energi yang digunakan sekarang berasal dari fosil, tidak bisa diperbaharu. Sumber energi  terbarukan merupakan energi alternatif menjadi solusi energi massa depan, yang tersedia sepanjang siklus dunia masih terus berlangsung. Perancangan alat ini memanfaatkan energi matahari yang memiliki potensi energi radiasi rata-rata sebesar 2,267 kWh/m2 setiap hari. Potensi energi angin yang tidak terlalu besar sekitar 2-8 m/s, dapat dimanfaatkan menghasilkan energi listrik dari sebuah kincir angin. Alat ini dilengkapi dengan rangkaian battery charge regulator hibrid berfungsi sebagai pengaturan tegangan input dari panel surya maupun kincir angin dengan kapasitas arus yang mampu dilewati sebesar 10 ampere. Kapasitas beterai yang digunakan dalam alat pembangkit listrik hibrid mempunyai kapasitas sebesar 45 Ah ( Amper hour ). Inverter digunakan sebagai rangkaian yang merubah arus dc (direck current) menjadi ac (alternating current) yang mempunyai kapasitas daya sebesar 120 VA (volt amper).        

Kata  Kunci :Internet Of Things, PLT Hibrid, Panel Surya, Kincir Angin.


Full Text:

PDF

References


Kadir, A. (2001). “Energi Sumber Daya, Inovasi, Tenaga Listrik” Jakarta : UI Press

Arota, A.S., Kolibu, H.S., Lumi, B.M., 2013. “Perancangan Sistem Pembangkit Listrik Hibrida (Energi Angin Dan Matahari) Menggunakan Hybrid Optimization Model For Electric Renewables (HOMER)”. JURNAL MIPA UNSRAT ONLINE 2 (2) 145-150.

Bishop, O. 2004.” Dasar-dasar Elektronika. Erlangga”. Jakarta.

Notosudjono, D. (2017). “Teknologi Energi Terbarukan” Bogor : Unpak Press. Bogor.

Direktorat Jendral Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi. 2014. “Potensi dan Peluang Investasi Energi Baru Terbarukan

Francisco C. De La Rosa, 2016. “Harmonics And Power Systems, Distribution Control Systems”, Inc., Taylor and Francis Group, Hazelwood, Missouri, USA.

Marjuki. (2016). Struktur belitan stator dan rotor bermagnet permanen fluks radial untuk alternator fase tunggal. Website.jurnal.umj.ac.id/indek.php/semnastek p-ISSN : 2407 -1846 e-ISSN : 2460-8416. 1-9.

SNI PLN. 2011 “Pedoman Untuk Instalasi Listrik (PUIL)".

Wibawa, U. 2001. Sumber Daya Energi Alternatif, Penerbitan Universitas Brawijaya Malang.

Zulnisyah, P.W. 2015. “ Perencanaan Set Up Karakterisasi Panel Surya”. Teknik Elektro Universitas Negeri Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.