SISTEM MIKROKONTROLER ATMEGA328 SEBAGAI PENGONTROL SUHU DAN LEVEL AIR

MUHAMMAD SYAFIK MUKSLIS

Abstract


Sistem pengontrolan merupakan faktor yang sangat vital karena sistem itu mengontrol setiap alat yang terdapat pada ruangan-ruangan disuatu pabrik. Fakta yang sering terjadi pada suatu pabrik yaitu memiliki kelebihan kapasitas yang ada pada mesin pendingin, pemanas dan pompa air. Kemudian dengan adanya pengontrolan tiga mesin berbasis mikrokonteroler ATmega328 ini berfungsi untuk mengatur mesin-mesin yang ada pada pabrik secara otomatis.

 

Cara kerja sistem ini adalah dengan menggunakan sensor suhu LM35 yaitu sensor yang berfungsi sebagai pendeteksi perubahan suhu baik keadaan suhu naik maupun turun. Instruksi dilakukan dengan menggunakan perintah ke sistem yang berfungsi untuk mematikan dan menghidupkan mesin melalui rangkaian relay driver. Serta mewujudkan kerja sistem digunakan mikrokontroler ATmega328 sebagai unit control pada suatu parik.

 

Maka perancangan sistem ini sangat berguna yaitu dapat memberikan peringatan apabila suhu naik di atas 30°C. Adapun hasil pengujian dan analisa yang dilakukan alat sebagai pengontrol suhu dan level air pada pemanas air dengan hasilnya, yaitu pemanas akan mati apabila suhu sudah mencapai >31°C dan pemanas akan menyala apabila suhu < 30°C, pada ice maker dengan hasilnya, yaitu ice maker adalah ice maker akan mati apabila suhu < 25°C dan ice maker akan menyala apabila suhu >25°C, dan pompa air dengan hasilnya, yaitu pompa akan menyala apabila tidak ada air dan pompa akan mati apabila ketinggian air sudah mencapai level.

 

Kata Kunci : Sistem mikrokontroler, Mmikrokontroler atmega328, pengontrol suhu.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.