PENERAPAN SISTEM SENSOR PADA WILAYAH GARIS STOP BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA2560 DENGAN MEMBERIKAN NOTIFIKASI GAMBAR DAN SMS

ARIS RIYADI PRASETYO

Abstract


ABSTRAK

 

Dengan berkembang pesatnya pertumbuhan kota dan pergerakan manusia, kecelakaan yang terjadi di jalan raya, umumnya disebabkan karena pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara. Oleh karena itu, penegakan aturan menjadi salah satu upaya untuk menurunkan angka kecelakaan. sistem sensor yang di gunakan pada area garis berhenti kendaraan (stop line) yang berguna untuk memberikan rasa aman bagi pengguna jalan yang melewati zebra cross yang berada di lampu merah. Sensor yang dipakai pada perancangan ini menggunakan sensor ultrasonik yang terhubung dengan modul SIM 800L yang digunakan jika pengendara melewati garis putih yang terdapat pada lampu merah, maka sensor akan bekerja dan mengirim pesan melalui ponsel yang bertujuan memberikan informasi terkait pelanggaran yang ada di lapangan dan kamera ini berfungsi untuk memonitor pengendara yang melanggar lalu lintas. Pada penerapan sistem sensor ultrasonik menjadi peran utama yang digunakan pada lampu lalu lintas, yang bertujuan untuk mengurangi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang ada di kota-kota besar. Hal tersebut menjadi kondisi penting dalam meningkatkan kemajuan dalam lalu lintas.

 

Kata kunci: Mikrokontroler, Modul Sim 800L, Sensor Ultrasonik,   Camera TP-LINK NC200


Full Text:

PDF

References


. Saputra, M, R, 2004. Analisis Perencanaan Penerapan Area Traffic Control System Di Kota Pangkal Pinang. Jurusan Teknik Sipil. Universitas Sriwijaya, Palembang.

. Fahmi, K, E. 2007. Pengaruh Traffic Light pada Kecelakaan Lalu Lintas (Study Kasus Bundaran Gerbang Perkantoran Pemda Rokan Hulu), Jurusan Teknik Sipil. Universitas Pasir Pengaraian, Riau.

. http://otomotif.kompas.com/(diakses pada 20 agustus 2017)

. Djusmanto, 2002. Teknik Transportasi. Andi Offset, Yogyakarta.

. Eko Putra, A. 2002. Belajar Mikrokontroller teori dan aplikasi. Edisi Pertama, Gava Media, Yogyakarta.

. Setiawan, A. 2011. 20 Aplikasi mikrokontroller ATMega16 menggunakan BASCOM – AVR. Edisi pertama, C.V Andi Offset, Yogyakarta.

. Hari, S. 2015.Panduan praktis Arduino untuk pemula. Ebook. Elangsakti, Jakarta.

. Kadir, A. 2012. Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler dan Pemrogramannya Menggunakan Arduino. ANDI, Yogyakarta.

. Aryanto, M. 2010. IP Camera dan Aplikasinya, Penerbit Elexmedia Komputindo, Jakarta.

. http://www.tplink.co.id/products/details/cat-19_NC200.html (Diakses pada tanggal 9 September 2016).

. https://areainformatika.wordpress.com (Diakses pada tanggal 22 januari 2018)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.