SISTEM PENGONTROLAN PINTU GARASI RUMAH DAN GERBANG RUMAH MELALUI SMARTPHONE BERBASIS WIRELESS MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER

ANTON SETIAJI

Abstract


ABSTRAK

 

Sistem pengamanan pintu garasi rumah dan pintu gerbang rumah telah banyak digunakan yang menggunakan remote control infra red, sistem ini hanya memiliki satu pengaman saja dan perlu waktu untuk mencari remote control infra red apabila terjadi kehilangan remote tersebut. Atas dasar pemikiran tersebut dibuat rancangan alat yang mampu menggunakan dua pengaman secara manual dan otomatis. Manfaat yang didapat dari sistem ini adalah dapat mempermudah pekerjaan manusia dalam mengontrol pintu garasi rumah dan pintu gerbang rumah secara otomatis dari jarak jauh. Sistem pengontrolan pintu garasi rumah dan pintu gerbang rumah ini bekerja secara otomatis ketika suplai listrik dari PLN dengan memberikan tegangan kepada catu daya untuk menghidupkan mikrokontroler ATMega328, modul Wi-Fi NodeMCU ESP8266, LCD dan driver motor shield L298 DFRobot. Modul Wi-Fi akan menerima perintah membuka pintu garasi rumah dan pintu gerbang rumah melalui smartphone, dan akan memberikan notifikasi ke LCD, LED dan smartphone. Sistem pengontrolan ini dapat menerima perintah membuka dan menutup pintu garasi dan pintu gerbang rumah bergantung pada kekuatan dan kecepatan sinyal internet.

 

Kata Kunci : Mikrokontroler, Modul Wi-Fi NodeMCU ESP8266, Driver Motor Shield L298, Motor DC.


Full Text:

PDF

References


Okte, R. Sistem Pengontrolan Pintu Garasi Rumah Menggunakan Komunikasi DTMF Melalui Ponsel Berbasis Mikrokontroler ATMega32. Jurusan Sistem Komputer Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas. Padang. 2013.

Prihatmoko, D. Penerapan Internet Of Things (Iot) Dalam Pembelajaran. Program Studi Teknik Elektro. UNISNU Jepara. 2016.

Marvin, A. Sistem Keamanan Rumah Berbasis Internet Of Things (IoT) Dengan Mikrokontroler ATMega 328. Program Studi Teknik Informatika. STIMIK GI MDP Palembang. 2016.

Wassem, M. A. Review On Internet Of Things (IoT). Sir Syed University Of Engineering & Technology. Pakistan. 2015.

Marwan. H. Gangguan Sinyal Pada Sistem Telekomunikasi. UNISMA Malang. 2012.

Perdana. H. A. Handover Dalam Komunikasi Bergerak Seluler. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik. Universitas Diponegoro. 2010.

Kadir, A. Panduan Praktis Memepelajari Aplikasi Mikrokontroler Dan Pemrogramannya Menggunakan Arduino. ANDI. Yogyakarta. 2012.

Bejo, A. C Dan AVR Rahasia Kemudahan Bahasa C Dalam Mikrokontroler ATMega8535. Graha Ilmu. Yogyakarta. 2008.

Isnanto, J, E. Pengantar Elektronika. Erlangga. Jakarta. 2014.

Asep, H, S. Pemrograman Java : Operator. Jakarta. 2015.

Kadir, A. Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler dan Pemrogramannya Menggunakan Arduino. ANDI. Yogyakarta. 2012.

Syam, R. Dasar-Dasar Teknik Sensor. Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin. Makasar. 2013.

Wijaya, M. Dasar-Dasar Mesin Listrik. Djambatan. Jakarta. 2001.

Kunto, W. Digital Power Electronics and Applications. Elsevier Academic Press. 2015.

Rifa’I, A, F. Sistem Pendeteksi Dan Monitoring Kebocoran Gas Berbasis Internet off Things. Teknik Informatika UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta. 2016.

Antoni, M, R. Sistem Kemudi Menggunakan Smartphone Android Pada Prototype Mobil Listrik. Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah. Sidoarjo. 2016.

Supegina, F. Rancang Bangun Miniatur Mesin Otomatis Minuman Kaleng Berbasis Arduino Uno. Fakultas Teknik Universitas Mercubuana. Jakarta. 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.