PENINGKATAN KEAMANAN JARINGAN PADA INTERKONEKSI SISTEM PABX HYBRID-IP INEWS CENTER KEBON SIRIH DENGAN GTV KEBON JERUK

IKHSAN ROBY AWALUDIN

Abstract


ABSTRAK

 

Interkoneksi sistem PABX merupakan proses perpanjangan jaringan PABX Hybrid-IP untuk memperluas jaringan kerja pada suatu perusahaan. Salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk proses ini adalah memiliki tingkat keamanan yang mempuni. Penelitian ini akan dibahas mengenai perbaikan keamanan jaringan interkoneksi sistem PABX Hybrid-IP di iNews Center dan GlobalTV. Salah satu teknik yang dapat digunakan untuk perbaikan keamanan jaringan interkoneksi sistem PABX Hybrid-IP di iNews Center dan GlobalTV adalah dengan menggunakan Virtual Private Network (VPN) dan Network Access Translation (NAT). Dengan mengkombinasikan teknologi VPN dan NAT membuat IP Private pada jaringan lokal iNews Center dapat diinterkoneksikan dengan jaringan lokal di GlobalTV, seluruh komunikasi data antara jaringan interkoneksi PABX Hybrid-IP iNews Center dan GlobalTV melalui tunnel VPN, Sehingga user yang tidak memiliki izin untuk masuk tidak akan mampu menyadap, mengacak atau mencuri data yang melintasi tunnel VPN.

 

Kata Kunci      : PABX Hybrid-IP, VPN, dan NAT


Full Text:

PDF

References


Oktivasari, Prihatin dan Andri Budhi Utomo. 2016. Analisa Virtual Private Network Menggunakan Open vpn Dan Point To Point Tunneling Protocol. Politeknik Negeri Jakarta. Jurnal: Penelitian Komunikasi dan Opini Publik Vol. 20. Number 2, Desember 2016: 185-202

Satria, Gilang Khrisna. Jurnal :Analisa Jalur Ekstension Pada Pabx Panasonic Seri Kxt - 206SBX.

Sudiarta, P. K. dan Gede Sukadarmika. 2009. Penerapan

Teknologi Voip Untuk Mengoptimalkan Penggunaan Jaringan Intranet Kampus Universitas Udayana. Universitas Udayana Bali. Jurnal: Teknologi Elektro Vol. 8. Number 2, Juli - Desember 2009.

Amrulloh, Hafid dan Achmad Affandi. Integrasi Jaringan Voip Dengan Jaringan Pabx Antara Kantor Cabang Surabaya Dengan Kantor Pusat Jakarta PT.Wijaya Karya Melalui Vpn. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Patih, Domiko Fahdi Jaya. dkk. 2012. Analisa Perancangan Server Voip (Voice Internet Protocol) Dengan Opensource Asterisk Dan Vpn (Virtual Private Network) Sebagai Pengaman Jaringan Antar Client. Universitas Lampung. Jurnal: Informatika dan Teknik Elektro Terapan Vol. 1. Number 1 , Januari 2012.

Putu, Agus Eka Pratama. 2014. Handbook Jaringan Komputer Teori dan Praktik Berbasis Open Source. Bandung: Informatika.

Andi, Dwi Nurmantis.2015.Konsep Dasar Telekomunikasi.Universitas Telkom. Bahan Ajar : DTG1E3

Panasonic Corporation Of Nort America. 2009. IP Networking Guide IP-PBX Model, No. KX-TDE100,KXTDE200/KXTDE600, 20-39. New Jersey: Panasonic Sytem

Networks Co., Ltd. http://www.panasonic.com/csd (diakses 02 Maret 2017).

Panasonic Corporation Of Nort America. 2009. Installation Manual Pure IP-PBX Model, No. KX-TDE600, 20-39. New Jersey: Panasonic Sytem Networks Co., Ltd. http://www.panasonic.com/csd (diakses 02 Maret 2017).

Muajid, Akrom dkk. 2017. Vpn Cisco dan Mikrotik. Jakarta: Pesantren Networkers IDN.

Nugroho, Kukuh. 2017. Switch dan

Multilayer Switch Cisco Implementasi Jaringan Akses. Bandung: Informatika


Refbacks

  • There are currently no refbacks.