PEMBUATAN PETA CO-TIDAL PERAIRAN ALKI I

Parid Hamdani

Abstract


Pengetahuan mengenai pasang surut laut sangat penting karena tingginya kegiatan maritim yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia, namun informasi yang ada saat ini masih sangat kurang memadai. Indonesia diwajibkan menyediakan wilayah lautnya untuk kepentingan lalu lintas pelayaran kapal-kapal asing yang akan melaluinya, sehingga pemerintah Indonesia menetapkan 3 wilayah ALKI (Alur Laut Lepulauan Indonesia). ALKI I meliputi wilayah Selat Sunda Selat Karimata Laut Cina Selatan atau Laut Singapura.

Informasi mengenai fenomena pasut dapat disajikan dalam bentuk peta pasut yang menyajikan informasi mengenai co-tidal, dimana co-tidal tersebut terdiri dari co-range dan co-phase. Peta co-tidal yang dibuat berdasarkan 4 konstanta harmonik utama pasut yaitu M2, S2, K1, dan O1. Data stasiun pasut yang berada di perairan ALKI I meliputi Stasiun Pasut yang berada di pulau Sumatera bagian Timur yaitu 35 titik, diperairan pulau Bangka dan Belitung 19 titik, diperairan Pulau Jawa 20 titik, diwilayah Kalimantan Barat 11 titik dan di perairan Pulau Natuna 11 titik.

Peta co-amplitudo menunjukan tinggi gelombang pada suatu daerah. Dilihat dari garis kontur co-amplitudo, Nilai amlitudo yang tertinggi terdapat diwilayah sekitar perairan Teluk dalam yaitu 92 cm. Karena perairan Teluk dalam memiliki  perairan yang sempit. Kemudian untuk nilai terendah amplitudo terjadi pula untuk konstanta M2 yaitu 0.4 cm diperairan Laut Natuna Utara.

Untuk mengetahui gambaran kecenderungan arah pergerakan gelombang pasut dilakukan dengan memperhatikan kontur pada peta co-time untuk masing-masing konstanta harmonik utama pasut. Arah pergerakan gelombang pasut mulai dari kontur co-time dengan nilai waktu yang terkecil menuju kontur co-time dengan nilai waktu yang lebih besar. Untuk garis kontur co-time waktu maksimal terjadi pada konstanta O1 yaitu 20 jam sampai diperairan Laut Natuna. Berikutnya nilai terendah waktu terjadi pula pada konstanta O1 yaitu 0 jam berada diperairan Selat Karimata.

 

Kata kunci : co-tidal, co-amplitudo, co-time, co-range, co-phase, konstanta harmonik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.