TROTOAR RAMAH LANSIA DI KECAMATAN BOGOR TENGAH KOTA BOGOR

UNIK SETIYANTI

Abstract


Indonesia akan mengalami peningkatan jumlah lansia pada tahun 2025, dengan isu global ini hendaknya menjadi perhatian besar bagi pemerintah Indonesia dalam mewujudkan Kota Ramah Lansia. Kota Bogor merupakan salah satu kota yang berupaya mewujudkan Kota Ramah Lansia melalui penyediaan trotoar yang ramah lanjut usia untuk meningkatkan mobilitas dan kemandirian lansia. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kondisi eksisting Trotoar Jalan Jendral Sudirman berdasarkan kriteria trotoar ramah lansia. Metode penelitian yang dilakukan antara lain metode pengumpulan data melalui wawancara pakar dan observasi lapangan. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kuantitatif (pembobotan) dan metode analisis kualitatif. Kondisi eksisting trotoar dilihat berdasarkan kriteria aksesibilitas, fasilitas, keamanan dan kualitas lingkungan. Hasil penelitian yang telah dilakukan menghasilkan bahwa berdasarkan kondisi eksisting Trotoar Jalan Jendral Sudiman belum ramah terhadap lansia.

Kata Kunci: Penduduk Lansia, Kota Ramah Lansia dan Trotoar Ramah Lansia



Full Text:

PDF

References


[Dep. PU] Departemen Pekerjaan Umum.

Nomor: 03/PRT/M/2014 Tentang Pedoman Perencanaan, Penyediaan, Dan Pemanfaatan Prasarana Dan Sarana Jaringan Pejalan Kaki Di Kawasan Perkotaan. Jakarta. Kementrian PUPR Jakarta: Kementrian PUPR

Hermawati, I. 2015. Kajian Tentang Kota Ramah Lanjut Usia. Yogyakarta: Badan Pendidikan dan Penelitian Kesejahteraan Sosial Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesejahteraan Sosial (B2P3KS).

Hurlock, E. 1991. Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. a.b Istiwidayanti & Soedjarwo. Jakarta: Erlangga. Edisi 5.

[Men Sek Neg RI] Kementrian Sekretariat Negara Republik Indonesia. 2004. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2004 Tentang Pelaksanaan Upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia. Jakarta: Kementrian Sekretariat Negara Republik Indonesia.

[WHO] World Health Organization. 2007. Global Age-friendly Cities: A Guide. France: World Health Organization.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.