PERBANDINGAN ABU BATU DENGAN PASIR CIMANGKOK SEBAGAI AGREGAT HALUS PADA BETON

DITYA RUDIANA

Abstract


Beton merupakan suatu bahan komposit dari beberapa material, terdiri dari campuran antara semen, agregat halus, agregat kasar, dan air. Karena beton merupakan komposit, maka kualitas beton sangat tergantung dari kualitas masing-masing material pembentuknya. Abu batu adalah bahan bangunan yang merupakan limbah dari proses penghancuran batu pada yang digunakan untuk campuran beton, sehingga abu batu menjadi limbah yang harus diupayakan penanganannya. Penelitian yang dilakukan adalah studi eksperimental pemanfaatan abu batu sebagai pengganti agregat halus pasir alam, sehingga dalam penelitian digunakan agregat halus abu batu, dan sebagai pembanding digunakan agregat halus pasir alam dari Cimangkok. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan kekuatan tekan beton yang menggunakan agregat halus abu batu dengan pasir alam.Kuat tekan rencana adalah 25 MPa, dengan mengunakan benda uji berbentuk slinder berukuran diameter 15 cm dengan tinggi 30 cm. Pengujian kuat tekan dilakukan pada umur beton 7, 14 dan 28 hari. Hasil pengujian benda uji dengan agregat halus abu batu pada umur beton 7, 14 dan 28 hari berturut-turut adalah 17,71 MPa, 20,62 MPa dan 22,94 MPa. Sedangkan hasil pengujian benda uji dengan agregat halus pasir alam adalah 21,42 MPa, 20,33 MPa, dan 21,83 MPa.Setelah dilakukan pengolahan data menggunakan standar deviasi, maka diperoleh kuat tekan benda uji dengan menggunakan abu batu sebesar 32,07 MPa, dan benda uji dengan menggunakan pasir alam sebesar 25.01 MPa. Terlihat bahwa penggunaan abu batu sebagai pengganti pasir alam akan meningkatkan kekuatan tekan beton 28% dan juga didapat kekuatan tekan lebih besar dari kuat tekan rencana.

 

Kata kunci: pasir Cimangkok, abu batu, kuat tekan.



Full Text:

PDF

References


ACI Commite 211, Standard Practice for Selecting Proportions for Normal, Heavyweight and Mass Concrete (ACI 211.1-91), ACI Manual of Concrete Practice, Detroit, 2002

ASTM, Concrete and Aggregates, Annual Book of ASTM Standards vol. 04.02, American Society for Testing and Materials, Philadelphia,1993

https://griyamania.com/29/mengenal-abu-batu/10-01-2018.

Saleh, Chonita, Pemanfaatan Limbah Readymix sebagai Bahan Agregat Kasar Beton Normal, Tugas Akhir, Universitas Pakuan, Bogor, 2016.

Sari, Siti Aisyah., Perbandingan Pengaruh Beberapa Jenis Pasir terhadap Kuat Tekan, Kuat Lentur dan Kuat Tarik Belah Beton, Tugas Akhir, Universitas Pakuan, Bogor, 2017.

Badan Standar Nasional, Tata Cara Perhitungan Struktur Beton untuk Bangunan Gedung,Dilingkapi Penjelasan (S-2002), (SNI 03-2847-2002), Itspress, Surabaya, 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.