PERENCANAAN FENDER DERMAGA (Studi kasus Dermaga Pengangkut Minyak, Luwuk Banggai Provinsi Sulawesi Tengah)

MASAGUS ZAIAL ABIDIN

Abstract


Fender merupakan sebagai bantalan yang di tempatkan di depan dermaga, sehingga fender tersebut akan berfungsi menyerap energi benturan antara kapal dan dermaga.Lokasi dermaga ini berada pada tepi pantai, dengan teknis dermaga yang dipilih yaitu jetty. Sedangkan jetty adalahdermaga untuk merapat kapal tanker atau kapal pengangkut gas alam, yang mempunyai ukuran sangat besar, sisi muka jetty ini biasanya sejajar dengan pantai dan dihubungkan dengan daratan oleh jembatan yang membentuk sudut tegak lurus dengan jetty.Pada perencanaan fender dermaga kapal pengangkut minyak di Luwuk Banggai, digunakan untuk kapal-kapal tangker dengan kapasitas (maksimum 5000 DWT).  Berdasakab pada dua percobaan, fender seibu V 1300H, dan fender type seibu V 600H, Digunakan fender seibu V 600H. dengan nilai h = 550 m dan r = 26,378 m, sehinggajarak antar fender pada dermaga pengangkut minyak Luwuk Banggai berjarak 23 m. dipasang vertikal pada sisi depan dermaga karena memperhitungkan  perubahan elevasi muka air laut yang berubah pada saat pasang surut.

Kata kunci : Fender, Jetty, Jarak Fender, Pasang Surut.


Full Text:

PDF

References


http://www.mongabay.co.id/2015/05/09/berapa-jumlah-pulau-yang-dimiliki-indonesia-sebenarnya/

Di Akses tanggal 26-Oktober-2017

https://www.scribd.com/doc/56697343/Perencanaan-pelabuhan Di Akses tanggal 26-Oktober-2017

http://www.maritimeworld.web.id/2013/07/Apa-Yang-Di-Maksud-Dengan-GRT-NRT-TPC-FWA-DWA-LOA-LBP.html

Di Akses Tanggal 26-Oktober-2017)

Kramadibrata, S. “Perencanaan Pelabuhan”. Penerbit ITB, Bandung, 2002.

Triatmodjo, B. “Perencanaan Pelabuhan”. Beta Offset, Yogyakarta, 2009.

Lampiran E Curah Kering. Standar Design Criteria for Ports in indonesia, Direktorat Jenderal perhubungan laut, Departemen Perhubungan, 1984.

Di Akses tanggal 11-April-2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.