ANALISIS KEMACETAN LALU LINTAS JALAN RAYA CIAWI – PUNCAK. (Studi Kasus Tarikan lalu lintas di Pasar Cisarua)

KRISNA YUDHA HUTAMA

Abstract


Pasar tradisional Cisarua merupakan salah satu tataguna lahan yang menyebabkan tarikan lalu lintas menjadi tinggi begitu juga pada simpang empat lengan tak bersinyal di ruas jalan raya Puncak – Ciawi terjadi kemacetan yang disebabkan oleh berkurangnya lebar efektif jalan karena adanya hambatan samping di badan jalan, tingginya volume kendaraan yang tidak di imbangi dengan ketersediaan infrastruktur (prasarana) jalan yang memadai. penelitian ini bertujuan untuk menganalis tingkat pelayanan jalan dan kinerja simpang empat lengan tak bersinyal tersebut berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukan angka hambatan samping sebsesar 900 m/jam kinerja simpang untuk kondisi simpang tak bersinyal pada keadaan eksisting dengan adanya parkir disisi jalan yang mengurangi lebar efektif, didapat jumlah arus total terbesar 3.504 smp/jam, kapasitas (C) = 2411 smp/jam dan VCR > 1. Melebihi batas yang disarankan oleh Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Pada analisis simpang tak bersiyal di dapatkan C = 2856, VCR >1 tundaan 57 detik, dan peluang antrian terbesar 46% - 85%. Dari hasil kuesioner pedagang kaki lima mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari hasil perbandingan pemasukan dan pengeluaran perbulannya sehingga enggan untuk berpindah ke dalam kios yang disediakan di dalam pasar Cisarua.

Kata Kunci : hambatan samping, tingkat pelayanan jalan


Full Text:

PDF

References


Departemen Pekerjaan Umum, “Manual Kapasitas Jalan Indonesia”, Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta, 1997

Juniardi. 2006. “Analisis Arus Lalu Lintas Di Simpang Tak Bersinyal(Studi Kasus : Simpang Timoho Dan Simpang Tunjung Di Kota Yogyakarta)”. Tesis. Program pascasarjana Universitas Diponegoro Semarang.

Nopi Dwi Awanti. 2007. “Hubungan Antara Eksistensi Aktivitas Perdagangan Dan Permasalahan Lalu Lintas Di Jalan Jenderal Sudirman Ambarawa”. Tesis. Pascasarjana Universitas Diponegoro Semarang.

Ofyar Tamin Z..1997. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Bandung: ITB

Republik Indonesia. 2006. Undang-Undang No. 34 Tahun 2006 Tentang Jalan. Jakarta.

Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 Tentang lalu lintas. Jakarta.

vergil Stover G dan frank J koepke.1988. Transportation and Land Development. New Jersey: Prentice Hall.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.