ANALISIS DAMPAK LALU LINTASL TOL BEKASI – CAWANG - KAMPUNG MELAYU (BECAKAYU) (Studi Kasus Simpang Bersinyal HM Joyo Martono Kota Bekasi)

PUTIA NISA

Abstract


Pertumbuhan kendaraan yang selalu meningkat setiap tahunnya sehingga Tol Bekasi – Cawang – Kampung Melayu (Becakayu) merupakan jalan Tol berkonstruksi layang yang dibangun di atas sungai Kalimalang di Kota Jakarta Timur dan Kota Bekasi untuk mengurai kemacetan di sekitar Kalimalang. Berbagai upaya dilakukan seperti melakukan analaisis dampak lalu lintas (andalalin) untuk mengetahui kinerja simpang selama kurun waktu 5 tahun yang akan datang dengan membuat skenario pesimis, moderat, optimis.  Dalam penelitian lokasi dipilih simpang HM Joyo Martono Kota Bekasi. Pemilihan lokasi ini dikarenakan lokasi langsung bersilangan dengan adanya pembangunan tol Becakayu. Survei lalu lintas megahasilkan kinerja arus lalu lintas yang di olah dengan Metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia  (MKJI) 1997. Berdasarkan hasil analisis bahwa dengan adanya tol Becakayu kinerja arus lalu lintas di persimpangan menjadi layak selama 5 tahun kedepan terhitung dari kondisi eksisting dengan tingkat derajat kejenuhan 0,704 arus tidak stabil menjadi 0,40 yang diartikan arus stabil.

Kata Kunci : Kinerja Simpang, Derajat kejenuhan, Panjang antrian, Tundaan.


Full Text:

PDF

References


Azis Rudi. 2014. Pengantar Sistem dan Perencanaan Transportasi.Yogyakarta:

CV. Budi Utama.

J. Supranto. 2000 Metode Pertumbuhan Perkiraan Volume Lalu Lintas. Jakarta : Erlangga

Kementrian Pekerjaan Umum. 2006. Undang-Undang No 34 Tahun 2006

Tentang Jalan. Jakarta.

Khisty Jotin. 1990. Dasar-Dasar Rekayasa Transportasi. Jakarta: Erlangga

Pekerjaan Umum, “Manual Kapasitas Jalan Indonesia”(MKJI). Direktorat

Jendral Bina Marga, Jakarta, 1997.

Morlok, Edwardk. 1988. Simpang Bersinyal. Jakarta : Erlangga

Peraturan Menteri Perhubungan, Nomor 75 tahun 2015 tentang penyelenggara

analisis dampak lalu lintas pasal 2.

Peraturan Pemerintah, No. 32 tahun 2011. Rekayasa Lalu Lintas

Rakhman, Ridwan Fauzi dan Marbun, Wisnu I.P. 2005. Analisis Perubahan

Manajemen Lalu Lintas Pada Jaringan Jalan Disekitar Jalan Layang Dan Jembatan Pasupati, Bandung: Institute Teknologi Bandung.

Riansyah, Alik Ansyori. 2005. Rekayasa Lalu Lintas. Malang: Universitas

Muhammadiyah.

Rozy, Fahrul. 2018. Analisa Tingkat Pelayanan Pada Simpang Bersinyal, Bogor : Universitas Pakuan

Tamin, O.Z. 2000. Analisis Dampak Lingkungan (Andalalin). Bandung : ITB

Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Jakarta.

Undang-Undang No 38 pasal 8, 2004, Tentang Jalan Berdasarkan Fungsi Jalan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.