DESAIN SISTEM DRAINASE KAWASAN SITU RAWA BESAR KAMPUNG LIO KOTA DEPOK

INDAH DWI RACHMADHINI

Abstract


Drainase didefinisikan sebagai bangunan air yang berfungsi untuk mengurangi dan/atau membuang kelebihan air dari suatu kawasan atau lahan. Kawasan Situ Rawa Besar Kampung Lio Kota Depok merupakan salah satu daerah yang sering terjadi banjir. Studi yang dilakukan adalah menganailis penyebab banjir dan bagaimana cara penanggulangannya. Metode perhitungan pengolahan data dilakukan dengan Google Earth untuk mengetahui luas areal dan kapasitas tampungan, Metode Gumbel untuk mengetahui debit maksimum curah hujan, intensitas curah hujan digunakan rumus Mononobe, sedangkan perhitungan debit rencana digunakan metode rasional dimana Debit Rencana (QT) dan Debit Saluran (QS) dengan kala ulang 2 tahun, 5 tahun dan 10 tahun. Hasil perhitungan Google Earth luas areal mengalami penurunan sebesar 3,8%, dan kapasitas tampungan mengalami penurunan sebesar 6,2% per tahun. Hasil evaluasi Debit Rencana dan Debit Eksisting saluran input yaitu ada 3 saluran yang tidak mampu menampung debit yang masuk pada kala ulang 10 tahun. Hasil perhitungan Debit saluan output lebih kecil dari Debit Eksisting Spillway dan pintu air. Hasil flood routing pada tahun 2008 debit yang masuk tidak dapat lagi ditampung oleh Situ terjadi pada menit ke 88, dan tidak dapat ditampung oleh Spillway dan pintu air pada menit ke 90, dan pada tahun 2016 debit yang masuk tidak dapat lagi ditampung oleh Situ terjadi pada menit ke 11, dan tidak dapat ditampung oleh Spillway dan pintu air pada menit ke 13.

 

Kata Kunci : Drainase, Flood routing, Hidraulika Saluran, Kapasitas Tampungan, Situ Rawa Besar

Full Text:

PDF

References


Alivah, Evania Nur. 2016. Penentuan Luas Lahan dengan Bantuan Google Earth. Departemen Teknik Geodesi. Yogyakarta.

Badan Pusat Statistik Kota Depok. 2018. Depok Dalam Angka Tahun 2016 . Depok.

Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung – Cisadane. 2018. Hujan Rata – Rata Harian Stasiun Curah Hujan Kampus UI Depok. Depok .

Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung – Cisadane. 2008. Laporan Hidrologi Detail Desain Situ-Situ Di Kabupaten Bogor Dan Kota Depok. Jakarta.

Google Earth Pro. diakses tanggal 16 Desember 2018.

Haryoko, Limpat Ovi. 2013. Evaluasi dan Rencana Pengembangan Sistem Drainase di Kecamatan Tanjungkarang Pusat. Bandar lampung.

Hasmar, Halim. Drainasi Terapa. UII Press. Yogyakarta. 2012.

Nenabu, Oktaviani. Studi identifikasi dan penanggulangan genangan banjir di jalan cak doko kelurahan oetete - kota kupang. Jurnal Teknik Sipil Politeknik Negeri Kupang. Vol. 2/No. 2 Oktober 2017.

Puranto, Dinan Dwi. 2017. Kajian Hidraulika Pelimpah Bendungan Ladongi Kabupaten Kolaka Timur dengan Uji Model Fisik Skala 1:50. Malang.

Standar Nasional Indonesia 03 – 3424 – 1994.

Suripin. 2004. Sistem Drainase Yang Berkelanjutan. Edisi Pertama. Yogyakarta.

Wesli. Drainase Perkotaan. Yogyakarta. 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.