PERENCANAAN PERKERASAN JALAN KAKU (RIGID PAVEMENT) (Studi kasus : Jalan Semplak Salabenda Kab. Bogor)

ARI GUSTI RAHMAD AZARI

Abstract


Jalan merupakan salah satu prasarana perhubungan darat yang mempunyai peranan penting bagi pertumbuhan perekonomian, sosial budaya, pengembangan wilayah pariwisata, dan pertahanan keamanan untuk menunjang pembangunan nasional sebagaimana tercantum dalam Undang - Undang no. 13 tahun 1980 dan didalam peraturan pemerintah no. 26 tahun 1985. Adapun maksud dan tujuan dari penelitian ini untuk merencanakan kembali perkerasan jalan lentur (Flexible Pavement) menjadi perkerasan jalan kaku (Rigid Pavement), serta merencanakan tebal perkerasan kaku (Rigid Pavement), dengan menggunakan metode Bina Marga (Pd T-14-2003). Berdasarkan analisa data disarankan, menggunakan jenis perkerasan beton bersambung tanpa tulangan, umur rencana 40 tahun dengan CBR Tanah Dasar 6%, dan Beton yang digunakan K-400 (400 kg/cm²) dengan ketebalan 20 cm disesuaikan dengan perhitunngan perencanaan tebal perkerasan untuk pondasi bawah beton mutu K-125 dengan ketebalan 12,5 cm. (Ruji/dowel) digunakan Baja Polos ø 33 mm, panjang 45 cm, jarak 30 cm, sedangkan untuk batang pengikat (Tie Bars) digunakan baja ulir D 16 mm, panjang 70 cm, jarak 75 cm. Perlu diperhatikan juga mutu beton sesuai dengan perhitungan K-400 , umur beton 28 hari dalam proses pembetonannya, disarankan juga untuk memperhatikan mutu beton sesuai metode Bina Marga (Pd T-14-2003) bila dipasaran tidak ditemui diameter besi yang sesuai dengan perencanaan, maka gunakan besi diameter atas yang mendekati dengan ketentuan, dilakukan kembali perhitungan pembesian dengan ketebalan perkerasan yang sama 20 cm. Serta klasifikasi jalan yang digunakan termasuk kedalam kelas jalan Arteri.

 

Kata Kunci :Perkerasan jalan, Perencanaan Perkerasan Kaku


References


Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah. 2003

Modul 5-Desain Perkerasan Jalan Kaku.

Perencanaan Kembali Perkerasan Jalan Kaku Dengan Metode Bina Marga 2003 Dan Aashto 1993

Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku Dengan Metoda Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen (Pd T-14-2003) dan Manual Desain Perkerasan Jalan.

Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku Perkerasan Jalan Beton Semen (Pd T-14-2003)

Petunjuk Perencanaan Perkerasan Kaku (Beton Semen) Departemen Pekerjaan Umum, 2003

Pedoman Konstruksi dan Bangunan Perencanaan Perkerasan, Departemen Pekerjaan Umum,2005.

Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota No.038/TBM/1997

Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota Ditjen Bina Marga, 1997.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.