PENGARUH KENAIKAN TARIF TOL TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JALAN TOL (STUDI KASUS PADA TOL BOGOR OUTER RING ROAD)
Abstract
Jalan Tol Bogor Outer Ring Road memiliki Panjang 13,25 km yang dibuat guna mengurangi kepadatan lalu lintas di Kota Bogor. Kenaikan tarif tol sebesar 40% mulai diberlakukan 30 Januari 2021 yang sudah disesuaikan dengan keputusan Menteri PUPR No.08/KPTS/M/2021 yang dirasa memberatkan pengguna jalan tol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kenaikan tarif tol terhadap kepuasan pengguna jalan tol BORR. Penelitian ini menggunakan kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 100 responden dengan menggunakan pengukuran skala likert. Teknik analisis yang digunakan untuk menjawab hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan Program SPSS 25. Hasil uji regresi linier berganda didapatkan hasil persamaan regresi Hal ini menunjukan bahwa Kepuasan pengguna (Y) bernilai 85,569 dengan nilai koefisien Kenaikan tarif tol dan koefisien Pendapatan ( ) bersifat positif. Hasil Uji t menyatakan Kenaikan tarif tol terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kepuasan pengguna (Y). Sedangkan Variabel Pendapatan ( ) tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kepuasan pengguna (Y). Dari data uji t tersebut maka hipotesis 1 Diterima dan Hipotesis 2 Ditolak. Uji F menyatakan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kenaikan tarif tol dan Pendapatan terhadap Kepuasan pengguna secara simultan. Saran dari peneliti sebaiknya perusahaan harus mempertimbangkan untuk menurunkan tarif tol atau merubah menggunakan tarif kilometer atau tarif bertahap
Kata kunci: Kenaikan Tarif Tol, Kepuasan Pengguna, Tol Bogor Outer Ring Road, PendapatanFull Text:
PDFReferences
Bramastuti, N. (2009). Pengaruh Prestasi Sekolah dan Tingkat Pendapatan Keluarga Terhadap Motivasi Berwiraswasta Siswa Smk Bakti Oetama .
Djaali, H. (2020). Metode penelitian Kuantitatif Cetakan Pertama. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Herdian Y., M. I. (2018). Evaluasi Tarif Tol Surabaya - Kertosono Berdasarkan Kemampuan dan Keinginan Pengguna. 14.
Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis: Konvergensi Teknologi Komunikasi dan Informasi. Bandung: PT. Refika Aditama.
Irawan, H. (2004). Indonesian Customer Satisfaction: Membedah Strategi Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Jasamarga, P. (2020, April). Annual Reports. Retrieved from Annual Reports: https://investor.jasamarga.com/misc/AR/AR-2020.pdf
Kotler, A. &. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1 dan 2. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi, H. &. (2008). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.
Mayasari, I. (2019). Puaskah Pelanggan Tol Terhadap Transaksi Non Tunai? Jurnal E-BIS VOL.3 NO.2, 14.
Pemerintah, P. (2005). Database Peraturan. Retrieved from Peraturan Pemerintah no. 15 Jalan tol: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/49351/pp-no-15-tahun-2005
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara da. (2017). Database Peraturan. Retrieved from Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyeleggara Pelayanan Publik: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/132600/permen-pan-rb-no-14-tahun-2017
Reskoprayitno. (2004). Sistem Ekonomi dan Demokrasi Ekonomi. Jakarta: PT. Bina Grafika.
Riajaya, Orlando, & Saputra (2019) “Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Kebijakan Tarif Tol Becakayu di Jakarta-Bekasi”. Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalamal VOL 5 NO.2
Siyoto, A. S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan 27. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2015). Metode Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: PT. PUSTAKA BARU.
Tjiptono, G. C. (2012). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.
Umar, H. (2005). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Refbacks
- There are currently no refbacks.