ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN LALU LINTAS DI KAB. BOGOR (STUDI KASUS : JL. RAYA BOGOR – SUKABUMI (CIAWI-CIGOMBONG))

MUHAMMAD AZIZ ABDURROHMAN

Abstract


Kecelakaan lalu lintas merupakan masalah besar di seluruh dunia. Persentase terbesar kerugian harta benda dan kehilangan nyawa dalam kecelakaan disumbang oleh kecelakaan lalu lintas. Terjadinya kecelakaan sering kali dipandang dengan paradigma blaming the victim, yaitu menjadikan kelalaian manusia baik pengemudi, penumpang, atau pedestrian sebagai penyebab kecelakaan daripada  mencari penyebab sebenarnya. Padahal jika dilihat dari sisi jaringan jalan yang merupakan sistem dinamis dan tidak menentu yang kompleks yang dipengaruhi oleh manusia, teknologi, dan lingkungan, maka penyebab kecelakaan lalu lintas dapat terjadi karena berbagai faktor. Terkait dengan faktor lingkungan, geometrik jalan dan fasilitas kelengkapan jalan merupakan faktor penting yang harus dipertimbangkan untuk memperbaiki tingkat keselamatan lalu lintas. Penelitian ini bertujuan menganalisis kejadian kecelakaan lalu lintas ditinjau dari geometrik  jalan dan fasilitas kelengkapan jalan apakah berpengaruh terhadap kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Ruas Jalan Raya Bogor-Sukabumi (Ciawi-Cigombong). Sumber data pada penelitian ini yaitu data kecelakaan lalu lintas dari Polres Bogor dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2019. Faktor-faktor yang dianalisis dari sisi geometrik adalah alinyemen dan jarak pandang, sedangkan dari sisi fasilitas kelengkapan jalan adalah penempatan dan pengaturan lampu penerangan jalan, rambu lalu lintas, dan marka jalan. Hasil penelitian ini adalah geometrik jalan dan fasilitas perlengkapan jalan tidak berpengaruh terhadap kejadian kecelakaan di Ruas Jalan Raya Bogor-Sukabumi (Ciawi-Cigombong).

 

Kata kunci: Geometrik Jalan, Fasilitas Kelengkapan Jalan, Lokasi Rawan Kecelakaan


Full Text:

PDF

References


Ahmad Yudhi Ryanto., Analisis Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Di Kota Bogor (Studi Khusu: Ruas Jalan Raya Tajur). Fakultas Teknik Universitas Pakuan. Bogor. 2019.

Arbaiyah, Pada Lumba, Khaerul Fahmi., Analisis Geometrik Tikungan Padangluhong Pasir Pengairan. E-journal Fakultas Teknik Universitas Pasir Pangairan. Rokan Hulu. 2012

Nieza Yuliansah., Analisis Kecelakaan Lalu Lintas Ditinjau Dari Geometrik Jalan dan Fasilitas Kelengkapan Jalan Pada Lokasi Rawan Kecelakaan Di kabupaten Garut. Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan Institut Teknologi Bandung. Bandung. 2018.

Oglesby, Clarkson. H., dan Hicks, R. G., Teknik Jalan Raya. Purwo Setianto. Erlangga: Jakarta.2019.

Pedoman Pd T-12-2004-B tentang Penempatan Marka Jalan

Permen PU Nomor 19/PRT/M/2011 tentang Persyaratan Teknis Jalan dan Kriteria Perencanaan Teknis Jalan

Silvia Sukirman., Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Nova:Bandung. 1999

SNI Geometrik Jalan Perkotaan RSNI T-14-2004: Standar Perencanaan Geometrik Untuk Jalan Perkotaan Direktorat Jendral Bina Marga 2004

Spesifikasi Penerangan Jalan di kawasan perkotaan (SNI 7391:2008)

Undang – Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan. Lembaran Negara RI Tahun 2009, No. 96. Sekretariat Negara. Jakarta.

Undang – Undang No. 38 Tahun 2004 tentang Jalan. Lembaran Negara RI Tahun 2004, No. 132. Sekretariat Negara. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.