ANALISIS PERBANDINGAN PCI GIRDER EXISTING DENGAN PCU GIRDER PADA PROYEK JEMBATAN UTAMA KALI PESANGGRAHAN
Abstract
Pembangunan Jembatan Utama Kali Pesanggrahan adalah salah satu bagian dari Proyek Jalan Tol Cinere – Jagorawi Seksi III, untuk menghubungkan jalan tol Cinere – Kukusan dengan jalan tol Cinere – Serpong yang sudah dibangun sebelumnya untuk mengurangi kemacetan lalu lintas dari Jabodetabek menuju Tangerang/Bandara. Dengan panjang efektif ±132,2 m dan terdiri dari 4 bentang Prestressed Concrete I (PCI) yang menggunakan sistem kontruksi beton prategang. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan PCU girder sebagai pembanding PCI girder existing sehingga didapatkan penampang yang lebih ekonomis dari segi desain dan biaya. Untuk metode penyelesaiannya sendiri digunakan metode perhitungan menggunakan batasan teori dari SNI T-12 2004, ACI 318R-14 dan T.Y.Lin Ned. 1981.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa PCU girder lebih mahal daripada PCI girder, dengan luas total PCU girder sebesar 257,340 m2, sedangkan luas total PCI girder 186,362 m2. Jumlah girder hasil desain dari PCU girder adalah 7 buah dengan jarak antar girder 3,1 m, sedangkan PCI girder berjumlah 9 buah dengan jarak antar girder 2,3 m. Kedua girder menggunakan Uncoated 7 wire super strands ASTM A-416 GRADE 270. Untuk hasil desain dari PCU girder, digunakan 4 tendon dan 76 strands, sedangkan PCI existing menggunakan 3 tendon dan 57 strands. Biaya total PCU girder adalah sebesar Rp 1.923.870.953,20, sedangkan PCI girder sebesar Rp 1.811.268.807,79 dengan kenaikan sebesar 6,22%. Oleh sebab itu diperlukan penelitian lebih lanjut terhadap segi waktu, (seperti lamanya erection) dan kemudahan pelaksanaan sebagai bahan perbandingan, dapat dilakukan analisis lebih lanjut menggunakan dimensi PCU Girder yang berbeda dan diharapkan bagi perencana jembatan untuk memperhatikan kehilangan gaya prategang agar tidak mendekati batas kehilangan yang diizinkan.
Kata kunci : Beton Prategang, PCI Girder, PCU Girder
Full Text:
PDFReferences
ACI Committee 318, Building Code Requirements for Structural Concrete (318-14), ACI Standard and Report, Detroit, 2014
Astuti, Anita Puji, Analisis Perbandingan PCI Girder Terhadap PCU Girder Existing pada Proyek Pembangungan Flyove Martadinata Bogor, Universitas Pakuan, Bogor, 2020
Badan Standarisasi Nasional, Perencanaan Struktur Beton untuk Jembatan (RSNI T-12-2004), Badan Standarisasi Nasional, Jakarta, 2004
Badan Standarisasi Nasional, Pembebanan untuk Jembatan (SNI 1724:2016), Badan Standarisasi Nasional, Jakarta, 2016
Badan Standarisasi Nasional, Perencanaan Jembatan terhadap Beban Gempa (SNI 2833:2016), Badan Standarisasi Nasional, Jakarta, 2016
Gilbert, R. I., N. C. Mickleborough, Design of Prestressed Concrete, Taylor & Francis e-Library, Oxfordshire, 2004
Lin, T. Y., H. Burns, Desain Struktur Beton Prategang, Edisi Ketiga Jilid 1, Penerbit Erlangga, Jakarta, 1988
Masnul, Cut Retno, Analisa Prestress (Post-Tension) pada Precast Concrete U Girder “Studi Kasus pada Jembatan Flyover Amplas”, Universitas Sumatera Utara, Medan, 2009
Nawy, Edward G., Beton Prategang Suatu Pendekatan Mendasar, Edisi Ketiga Jilid 1, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2001
Putra, Bastya Pratama, Yunalia Muntafi, Suharyatmo, Studi Perbandingan Penggunaaan PCU Girder dan PCI Girder pada Struktur Atas Jembatan Jurang Gempal, Jurnal Teknisia, Volume XXII, No. 1, 2017
Saputro, Cahyo Dita, Wira Setiawan, Analisis Perbandingan Biaya Berdasarkan Penggunaan Struktur PC-I Girder dan PC-T Girder pada Jembatan Kandal, Kabupaten Dompu, Jurnal Karkasa, Vol. 8, No. 2, 2022
Soetoyo, Kontruksi Beton Pratekan, 2002
Struyk, Ir. H. J., Prof. Ir. K.H.C.W. Van Der Veen, Jembatan, Pradnya Paramita, Jakarta, 1995
Refbacks
- There are currently no refbacks.