Peningkatan Jalan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Pada Ruas Jalan Lingkar Kebun Raya Cibinong Kabupaten Bogor

MUHAMAD MUFTI RAVIANTO

Abstract


Ruas Jalan lingkar Kebun Raya Cibinong Kabupaten Bogor termasuk kedalam kelas jalan lokal yang mempunyai lebar jalan 6 m, menggunakan konstruksi jalan perkerasan lentur, terbentang dari jalan sampora menuju jalan raya lipi. Dikarenakan fungsi jalan lingkar kebun raya cibinong kabupaten bogor mengalami kerusakan, maka perlu perbaikan struktur jalan. Hal yang  menyebabkan salah satu nya yaitu sistem drainase yang tidak layak, beban lalu lintas yang over,serta repatisi beban. Tujuan dari penelitian ini adalah me redesain perkerasan lentur (hotmix) menjadi perkerasan jalan kaku (Rigid Pavement) menggunakan metode Bina Marga (Pd T-14-2003). disarankan menggunakan perkerasan kaku (rigid pavement), menggunakan jenis perkerasan beton bersambung tanpa tulangan, umur rencana 40 tahun dengan CBR Tanah Dasar 6%, tebal perkerasan kaku 20 cm menggunakan Beton K-400 (400 kg/cm²), untuk lapis pondasi kelas A 10 cm, sambungan melintang (Ruji/dowel) digunakan Baja Polos ø 33 mm, panjang 45 cm, jarak 30 cm, sedangkan digunakan baja ulir D 16 mm, panjang 70 cm, jarak 75 cm untuk batang pengikat (Tie Bars). mutu beton Perlu diperhatikan harus sesuai dengan perhitungan K-400 , umur beton 28 hari dalam proses pembetonannya, disarankan juga untuk memperhatikan mutu beton sesuai metode Bina Marga (Pd T-14-2003) bila dipasaran tidak ditemui diameter besi yang sesuai dengan perencanaan, maka gunakan besi diameter atas yang mendekati dengan ketentuan, dilakukan kembali perhitungan pembesian dengan ketebalan perkerasan yang sama 20 cm.

 

Kata Kunci: Redesain, Rigid Pavement, Beton Tanpa Tulangan, Tie Bars


Full Text:

PDF

References


Affandi, Widajat, Dachlan, Reostaman, Purnomo dan Suhaili, “Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen (Pd- T-14- 2003)”, Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah, 2003.

Ainun Hikmah “Perencnaan perkerasan kaku (Rigid Pavement) Jalan Purwodadi-kudus Ruas 198”,Jurnal Universitas Semarang, Semarang,2013.

Ara, Yeremias Pau, “Studi Perencanaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Pada Ruas Jalan Aegela-Danga”, Jurnal Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang, Malang, 2015, 01-09.

Direktorat Bina Teknik, “Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota (TPGJAK)”, Bina Marga, 1997.

Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jendral Bina Marga, “Manual Perkerasan Jalan (Revisi 2017)”, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jendral Bina Marga, Jakarta, 2017.

Rahadian, Radia, Augustine, Kosasih, Sugeng, Seigfried, Iawan, James, indii, James dan Jameson, “Manual Desain Perkerasan Jalan”, Kementrian Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga, Jakarta, 2013.

Saodang, I.H, “Konstruksi Jalan Raya 2”, Nova, Bandung, 2005.

Sukirman, Silvia, “Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan”, Nova, Bandung, 1994.

Sukirman, Silvia, “Beton Aspal Campuran Panas”, Grafika Yuana Marga, Bandung, 2003.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.