PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE

lisda fauziah

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen quasi. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui: 1. perbedaan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial melalui model pembelajaran kooperatif jigsaw dan model pembelajaran konvensional, 2. perbedaan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial melalui model pembelajaran kooperatif think pair share dan model pembelajaran konvensional, 3. perbedaan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial melalui model pembelajaran kooperatif jigsaw dan model pembelajaran kooperatif think pair share. Populasi yang digunakan pada penelitian ini, yaitu seluruh siswa kelas V SDN Kawung Luwuk Kota Bogor dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas V B, V C, dan V D. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial melalui model pembelajaran kooperatif jigsaw dan model pembelajaran kooperatif think pair share. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata N-Gain pada kelompok kelas eksperimen jigsaw sebesar 70 dan skor rata-rata N-Gain pada kelompok kelas eksperimen think pair share sebesar 59. Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima karena thitung > ttabel (3, 021 > 1, 99656). Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui model pembelajaran kooperatif jigsaw dan model pembelajaran kooperatif think pair share.

 

Kata kunci: Hasil Belajar, Jigsaw, Think Pair Share

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.