PENGARUH PERSEPSI HARGA PRODUK SEPEDA MOTOR YAMAHA FINO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Feri Fadli, Bukti Ginting, Fredi Andria

Abstract


Persaingan harga dan kualitas menuntut perusahaan dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan. Minat konsumen akan pembelian produk atau jasa tak lepas dari harga dan kualitas produk yang ditawarkan. Yamaha sebagai salah satu perusahaan otomotif terbesar di Indonesia, telah menyadari beratnya persaingan di industri ini. Yamaha senantiasa berusaha untuk menjual produk yang berkualitas dan mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan produk pesaing.

PT Permata Kadipaten Majalengka yang salah satu dealer resmi Yamahamelakukan kerjasama dengan leasing  dalam  pembiayaan  kredit  motor.  Leasing-leasing  yang  bekerja  sama  dengan  PT Permata Kadipaten adalah Adira Finance, Bussan Auto Finance, Central Santosa Finance, Mega Auto Finance, Mandala Multifinance, Summit Oto Finance, dan Wahana Ottomitra Multiartha.

Meningkatnya persaingan dalam bisnis menuntut setiap perusahaan untuk selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen, masalah yang dihadapi dapat muncul pada bidang keuangan, produksi, pemasaran, maupun sumber daya manusia. Perusahaan senantiasa menciptakan produk yang baik dalam pandangankonsumen. Konsumen tidak sekedar menginginkan produk tetapi juga nilai dan manfaat yang diberikan oleh suatu produk. Sebelum memutuskan membeli suatu produk konsumen biasanya melakukan banyak pertimbangan, karena konsumen ingin mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhannya.

Tujuan penelitian adalah Mengetahui persepsi konsumen tentang harga produk sepeda motor Yamaha pada  PT.  Permata  Kadipaten,  Mengetahui  keputusan  pembelian  produk  sepeda  motor Yamaha pada PT. Permata Kadipaten, dan Mengetahui pengaruh persepsi harga produk sepeda motor Yamaha terhadap keputusan pembelian pada PT. Permata Kadipaten.

Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Metode penarikan sampel penelitian yang digunakan adalah metode pengambilan sampel secara acak (random sampling) dengan jumlah sampel sebanyak 89 responden. Metode analisis yang digunakan sebagai alat analisis adalah analisis deskriptif, Regresi linier sederhana, dan menggunakan SPSS 24.O. Persepsi harga merupakan variabel yang mempengaruhi (x) dan keputusan pembelian adalah variabel yang dipengaruhi (y).

Hasil simpulan Persepsi Harga berada pada rentang setuju yang berarti bahwa tanggapan yang menyatakan harga motor Yamaha Fino sesuai yang diinginkan. Sedangkan variabel keputusan pembelian berada pada rentang setuju bahwa tanggapan yang menyatakan produk Yamaha Fino sudah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Selain itu pada variabel Keputusan Pembelianmenunjukan hasil yang relatif cukup tinggi untuk variabel Keputusan Pembelian. Dan juga Terdapat pengaruh persepsi harga terhadap keputusan pembelian produk motor yamaha Fino di PT. Permata Kadipaten Majalengka.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, Thamrin dan Francis, Tantri. 2012.

Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2014.

Manajemen Pemasaran. Depok: PT. Raja

Grafindo Persada.

Aji. Ridho Yudha. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Efektif Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Simulasi Pada Siswa Kelas X D MA Darul Ulum Kalinyamatan Jepara. Skripsi. Kudus: Universitas Muria Kudus.

Alayka Hardandy D. 2014. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Honda Revo Fit FI (Studi pada Astra Motor Ngaliyan Jl. Prof. Dr. Hamka Blok

No 122, Semarang). Universitas

Diponegoro.

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Danang, Sunyoto. 2012. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS.

Danang, Sunyoto. 2014. Konsep Dasar Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS.

Dharmmesta, Basu Swastha., Handoko, T. Hani.

Manajemen Pemasaran Analisis

Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. BPFE, Yogyakarta.

Doni Hariadi. 2013. Pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Distribusi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Projector Microvision. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol.1 No.1. p67-87.

Doni Hariadi. 2013. Pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Distribusi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Projector Microvision. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol.1 No.1. p67-87.

Ghanimata, F. dan Kamal, M. 2012. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang). Journal of Management 1(2): 1-10.

I Made Budiyanto. 2016. Pengaruh Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Honda di Desa Sidan Kec. Gianyar, Kab. Gianyar Tahun 2015. Universitas Pendidikan Ganesha.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2011.

Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa: Bob Sabran, Erlangga, Jakarta.

Kotler dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran.

Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012.

Marketing Management.Eidis 13. New

Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. Prinsip- prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1, Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. Keller (2013). Manajemen

Pemasaran, Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. & Gary Armstrong. 2014.

Principle of Marketing, 15th edition. New

Jersey: Pearson Prentice Hall.

Lichtenstein, Donald R, Nancy M. Ridgway, Richard G. Netemeyer. “Price Perceptions and Consumer Shopping Behavior: A Field Study”. Journal of Marketing Research. Vol. 30, No.2 (May), 234-245

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013.

Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.

Schiffman, L.G. & Wisenblit, J. 2015. Consumer

Behavior (11 ed.). Prentice Hall: England.

Singgih, Santoso. 2012. Aplikasi SPSS pada Statistik Parametrik. Jakarta. PT.Elex Media Komputindo.

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran: Teori dan Implementasi. Banten: Penerbit Andi.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis.

Bandung. Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2014.Pemasaran Jasa–Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.