ANALISIS PENEMPATAN PEGAWAI PADA PT. PLN (PERSERO) AREA PELAKSANA PEMELIHARAAN (APP) BOGOR DENGAN METODE MBTI (MYERS-BRIGGS TYPE INDICATOR)

Halima Tussadiyah, Wonny Ahmad Ridwan, Angka Priatna

Abstract


Sumber daya manusia dalam suatu organisasi atau perusahaan merupakan salah satu aset  yang dapat menggerakkan  roda  organisasi atau  perusahaan  yang  harus  dikelola secara efektif. Pengelolaan yang dimaksud yaitu ketepatan dalam menempatkan pegawai pada posisi yang tepat yang sesuai dengan kriteria  kemampuan,  kecakapan,  dan  keahlian.  Permasalahan  penempatan  ini  terjadi  pada PT.  PLN (Persero) Area Pelaksana Pemeliharaan  (APP) Bogor dimana pada tahun  2017 terdapat 7 pegawai yang bekerja  tidak sesuai dengan  surat  keputusan  (SK) melainkan  bekerja dengan berdasarkan  nota  dinas walaupun  pihak perusahaan  menginginkan  agar tidak ada  satupun  pegawai yang bekerja tidak sesuai dengan surat keputusan (SK).

Penelitian   ini  ditujukan   untuk  mengetahui  tipe  pegawai  berdasarkan  model  perilaku   MBTI, penempatan  pegawai berdasarkan model perilaku MBTI dan untuk mengetahui jumlah orang yang cocok dalam penempatan  antara  SK atau  nota  dinas  dengan  model perilaku  MBTI untuk  pegawai PT. PLN (Persero) Area Pelaksana Pemeliharaan  (APP) Bogor.

Penelitian  mengenai penempatan  pegawai berdasarkan  model perilaku MBTI ini dilakukan  pada PT. PLN (Persero) Area Pelaksana Pemeliharaan  (APP) Bogor dengan menggunakan data primer berupa hasil  kuesioner  yang  diperoleh  dari  147  responden.  Metode  penarikan  sampel  yan g  dipakai pada penelitian ini adalah sampling jenuh (sampling sensus). Metode ini menjadikan semua anggota populasi pegawai pada PT. PLN (Persero) APP Bogor dijadikan sampel. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif  kualitatif dimana data akan diteliti dan dijelaskan dengan apa  adanya sehingga mendapatkan suatu pemahaman.

Hasil  penelitian  mengungkapkan  fakta  bahwa  tipe-tipe  kepribadian  yang  dimiliki oleh  pegawai berdasarkan  model perilaku  MBTI  sebagian  besar memiliki tipe ENTJ dan sangat cocok dalam bidang pekerjaan  pada posisi-posisi eksekutif serta yang memungkinkan mereka untuk merencanakan gambaran besar. Dari sebanyak 147 responden  terdapat 72 orang atau 48,98%  karyawan PT. PLN (Persero) APP Bogor yang cocok atau sesuai penempatannya dengan posisi/jabatan yang sedang dijalankan. Sedangkan sebanyak 75 orang atau 51,02% karyawan PT. PLN (Persero) APP Bogor tidak cocok atau tidak sesuai penempatannya  dengan posisi/jabatan  yang  sedang dijalankan.  Serta dari 7 orang pegawai di PT. PLN (Persero) APP Bogor yang bekerja tidak sesuai dengan Surat Keputusan, setelah dianalisis menggunakan model perilaku MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) terdapat 3 pegawai yang cocok ditempatkan sesuai Surat Keputusan dan terdapat 5 pegawai yang cocok ditempatkan sesuai dengan Nota Dinas.

Full Text:

PDF

References


Abu Ahmad (2009), Psikologi Umum, Jakarta, PT.

Rineka Cipta.

Dewi Hanggraeni (2012), Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Lembaga Penertbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Gary Dessler and Chwee Huat Tan (2009), Human Resource Management, ASIA Adaptation Edition, Second Edition, Singapore, Pearson Education South Asia Pte Ltd.

Hasibuan, Malayu (2013), Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Jakarta, PT Bumi Aksara.

I Komang Ardana, Ni Wayan Mujiati dan I Wayan Mudhiarta (2012), Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta, Graha Ilmu.

Indah Puji Hartatik (2014), Buku Praktis Mengembangkan SDM, Yogyakarta, Penerbit Laksana.

Ismail Solihin (2009), Pengantar Manajemen, Jakarta, Penerbit Erlangga.

Jimmy L. Gaol (2014), A to Z Human Capital Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, PT. Grasindo Anggota Ikapi.

Kadar Nurjaman (2014), Manajemen Personalia, Bandung, CV. Pustaka Setia.

M. Manullang dan Marihot Manullang (2011), Manajemen Personalia, Edisi 3, Yogyakarta, Gadjah Mada University Press.

Mondy, Wayne (2008), Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi 10. Alih Bahasa: Bayu Airlangga. Jakarta, Penerbit Erlangga.

Russel HR Consulting, 2012, Employer’s Guide to Recritment: How to Get the Right Man (or Woman) for the Job, BookBoon, ISBN:

-87-403-0074-1.

Senyucel, Zorlu (2009), Managing the Human Resource in the 21th Century, Bookbon Publisher.

Sondang P. Siagian (2007), Manajemen Sumber

Daya Manusia, Jakarta, PT. Bumi Aksara.

Suparno Eko Widodo (2015), Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.