HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN SISWA SMP AMALIAH CIAWI

Herlina Setiorini, Ferdisar Adrian, Yetty Husnul

Abstract


HERLINA SETIORINI, 021114141. Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Siswa SMP
Amaliah Ciawi. Dibawah bimbingan, FERDISAR ADRIAN Dan YETTY HUSNUL HAYATI.
SMP Amaliah adalah suatu bagian dari Yayasan PSPI Amaliah yang merupakan
penyelenggara pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Amaliah Ciawi di kota Bogor Jawa
Barat. Dalam penelitian ini jumlah siswa yang mengikuti program pendidikan di SMP Amaliah Ciawi
mengalami penurunan. Terjadinya penurunan jumlah siswa SMP Amaliah karena kualitas pelayanan
nya kurang baik ini dibuktikan berdasarkan hasil pra survay bahwa banyaknya keluhan siswa SMP
Amaliah Ciawi diakibatkan ketidakpuasan dalam menerima pelayanan yang diberikan oleh SMP
Amaliah Ciawi. Harapan siswa terhadap pelayanan yang tidak sejalan dengan kinerja kualitas
pelayanan yang diberikan oleh pihak sekolah sehingga timbul terhadap kepuasan siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui suatu kualitas pelayanan yang diberikan
oleh SMP Amaliah Ciawi, untuk mengetahui suatu tingkat kualitas pelayanan, tingkat kepuasan Siswa,
dan mengetahui ada tidaknya hubungan kualitas pelayanan terhadap kepuasan Siswa SMP Amaliah
Ciawi
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif mengenai hubungan kualitas
pelayanan dengan kepuasan Kepuasan Siswa SMP Amaliah Ciawi. Pengumpulan sampel dilakukan
dengan kuesioner, wawancara dan observasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis koefisien
korelasi, analisis koefisien determinasi, dan uji hipotesis koefisien korelasi.
Dari hasil koefisien korelasi antara kualitas pelayanan dengan kepuasan Siswa 0,685 artinya
mempunyai hubungan yang kuat. Nilai koefisien determinasi ditunjukan oleh R square yaitu sebesar
46,92%, hal ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan dapat memepengaruhi turun naiknya kepuasan
konsumen sebesar 46,92% dan sisanya sebesar 57,08% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Hasil uji hipotesis koefisien korelasi menunjukan bahwa Zhitung. > Ztabel (10,2292 > 1,97) maka tolak
Ho dan terima Ha. Artinya ada hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan Siswa SMP
Amaliah Ciawi


Full Text:

PDF

References


Daryanto dan Setyobudi, Ismanto. (2014).

Konsumen dan Pelayanan Prima, Edisi

kedua. Yogyakarta: Penerbit ANDI

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis

Multivariate Dengan Program SPSS.

Semarang: Badan Penerbit Universitas

Diponegoro

Khusaeni, Akhmad. (2016). Hubungan kualitas

pelayanan, citra sekolah, kepuasan siswa dan loyalitas siswa (studi empirik di SMK Negeri Rembang, Pasuruan, Jawa Timur). Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM) Vol 14 No 4, 2016

Rangkuti, Freddy. (2012). Custumer Service

Satisfaction & Call Center Berdasarkan

ISO 9001. Jakarta: Penerbit PT Gramedia

Pustaka Utama

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang.

(2012). Dasar-dasar

manajemen pemasaran (Konsep,Startegi,

dan Kasus). Yogyakarta: Penerbit CAPS.

Tjiptono,

Fandy.

(2008).

Service

Management:Mewujudkan layanan Prima.

Yogyakarta: Andi Publisher

Umar, Husein. (2003). Riset Prilaku Konsumen.

Jakarta: Gramedia,.

Winarni, Endang Widi. (2011). Penelitian

Pendidikan. Bengkulu: FKIP UNIB


Refbacks

  • There are currently no refbacks.