LOKASI SALAH SATU FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA TORII RESTO
Abstract
Beny Andrianto, 021114160. Lokasi Salah Satu Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian
Produk Pada Torii Resto. Dibawah bimbingan Oktori Kiswati Zaini dan Sri Hidajati Ramdani, tahun
2018.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan faktor-faktor lokasi yang paling dominan terhadap keputusan
pembelian produk pada Torii Resto. Lokasi Torii Resto yang kurang stratgeis karena jauh dari jalan
utama kurang lebih 200 meter, lokasi Torii Resto yang tidak banyak orang berlalu-lalang, dan tidak
dilalui sarana transportasi umum secara langsung dan masih sedikit orang yang melakukan aktifitas
bisnis atau usaha didaerah tersebut yang menyebabkan penuruan pendapatan terhadap Torii Resto
Pada penelitian ini variabel bebas atau variabel yang mempengaruhinya adalah lokasi, sedangkan
untuk variabel terikat atau variabel yang dipengaruhinya adalah keputusan pembelian.
Jenis Penelitian yang digunakan yaitu deskriptif eksploratif dengan metode berupa studi kasus
mengenai faktor-faktor lokasi yang mempengaruhi keputusan pembelian produk Torii Resto. Teknik
pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan metode
Accidental/ convience sampling. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang diperoleh
melalui observasi langsung, wawancara, penyebaran kuesioner dan melalui studi kepustakaan yang
isinya berupa data teori pendukung organisasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis
deskriptif. Untuk pengujian kualitas instrumen penelitian yang digunakan adalah uji validitas dan uji
reliablitas.
Hasil penelitian menunjukan tanggapan responden mengenai faktor-faktor lokasi yang paling dominan
mempengaruhi keputusan pembelian pada Torii Resto adalah lingkungan, akses dan tempat parkir
yang merupakan merupakan pertimbangan konsumen untuk datang ke Torii Resto dan keputusan
pembelian produk yang dipilih konsumen pada Torii Resto adalah metode pembayaran yang mudah,
pemilihan produk karena harga sesuai dengan kualitasnya, adanya fasilitas tambahan pada Torii Resto
dan lokasi Torii Resto mudah dijangkau oleh kendaraan bermotor. Hasil rata-rata nilai index indikator
lokasi Torii Resto 60,56 % masuk kategori baik dan Hasil rata-rata nilai index Keputusan Pembelian
55,87% masuk kategori cukup baik.
Full Text:
PDFReferences
Buchari Alma (2013), Manajemen Pemasaran
Dan Pemasaran Jasa, Edisi Revisi,
Bandung, Penerbit Alfabeta.
Levy, dan A Weitz. 2014. Retailing Management
th Edition. McGraw Hill International:
New York
Dharmmesta, BS. dan T. Hani Handoko 2013.
Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku
Konsumen. Edisi Pertama. BPFE,
Yogyakarta.
Lupiyoadi, R. 2013. Manajemen Jasa Berbasis
Kompetensi (Edisi 3), Jakarta: Salemba
Empat.
Fandy Tjiptono. 2014. Pemasaran Jasa, Penerbit
C.V OFFSET, Yogyakarta
Mimi SA. ( 2015). Pengaruh Harga, Kualitas
Pelayanan, Lokasi dan Keragaman Produk
terhadap Keputusan Pembelian di Ranch
Market
Fandy Tjiptono, Ph.D. 2015. Strategi Pemasaran,
Edisi 4, Penerbit Andi, Yogyakarta
Foster, Bob. (2008). Manajemen Ritel. Alfabeta,
Bandung.
Rihasto Mega Saputro. (2015). Analisis
Pengaruh Kualitas Produk, Harga,
Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap
Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada
Grand Panorama Resto Semarang)
Gadhang Pengenggar. (2016). Pengaruh Kualitas
Pelayanan, Lokasi, dan Fasilitas terhadap
Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada
Konsumen Warung Kopi Tanjung Cafe and
Restaurant Semarang)
Sugiyono. (2016), Metode Penelitian Kuantitatif
dan Kualitatif & RND, Bandung, Penerbit
Alfabeta.
Heizer, J dan B. Render (2009), Manjemen
Operasi. Buku 2, Penerjemah Chriswan
Sungkono, Edisi 9, Jakarta, Salemba
Empat.
Suharno. 2010. Dasar-Dasar Kebiajakan Publik.
Yogyakarta: UNY Press.
Sunyoto, Danang. 2014. Konsep Dasar Riset
Pemasaran dan Perilaku Konsumen.
Cetakan ke-2. Yogyakarta : CAPS (Center
for Academic Publishing Cervice).
Idrus, M (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial.
Yogyakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Kotler, dan Keller. 2009. Manajemen
Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1, Erlangga.
Jakarta
Kotler, Keller. 2016. Marketing Management,
th
Edition New Jersey : Pearson Pretice
Hall.
Kotler, P.G. Amstrong, 2009.Prinsip-prinsip
Pemasaran,
Jilid
,
Erlangga,Jakarta.
Kotler, P.G. Amstrong. 2012. Prinsip-prinsip
Pemasaran. Edisi 13, Jilid 1, Jakarta,
Penerbit Erlangga.
Kotler, P.G. Amstrong. 2016. Prinsip-prinsip
Pemasaran. Edisi 13, Jilid 1, Jakarta :
Erlangga
Kotler, P.G. Amstrong. 2014. Principles of
Marketing, 12
th
Edition, Jilid 1 Terjemahan
Bob Sabran, Jakarta : Erlangga.
http : //blog.unpad.ac.id/nuha/2009 /02/23/
pengertian- lokasi- faktor- penetapan
lokasi/.Diakses tanggal 19 maret 2018
https:// kotabogor.go.id Diakses tanggal 15
februari 2018
Refbacks
- There are currently no refbacks.